Cara Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat

| Jumat, 06 Februari 2015





Meningkatkan kemampuan daya ingat adalah tantangan seumur hidup yang bisa, dan tentunya ingin, dicapai oleh setiap orang. Penguatan daya ingat akan membuat Anda mampu melakukan banyak aktivitas dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih baik dan merupakan latihan yang bermanfaat bagi otak Anda, sebab latihan ini akan menjaga kondisi otak agar tetap muda dan aktif.


Metode 1 dari 4: Tenangkan diri Anda



1
Rasakan ketenangan. Daya ingat membutuhkan pikiran yang aktif, bukan pikiran yang penuh dengan kecemasan; pada kenyataannya, kecemasan terbukti dapat mengakibatkan penurunan daya ingat. Lakukan sesuatu yang membuat Anda merasa tenang agar Anda bisa melepaskan rasa khawatir dan ketegangan. Untuk ini Anda bisa melakukan latihan, meditasi, berbaring, membaca, menulis catatan atau ngobrol dengan teman. Apa saja yang bisa membuat Anda tenang, jadikan kegiatan ini sebagai latihan rutin setiap hari. Dengan menenangkan diri, Anda membantu diri sendiri agar mampu berpikir jernih dan penuh keyakinan.
Iklan

2
Pertimbangkan untuk berlatih yoga. Oleh karena latihan yoga dapat meningkatkan kemampuan fisik dan mental, bergabung dalam sebuah kelas yoga atau meminta seorang instruktur yoga untuk melatih Anda, bisa sangat membantu Anda meraih kedamaian pikiran. Selanjutnya, pikiran yang damai akan menguatkan daya ingat dan mendukung kesehatan fisik Anda.

Metode 2 dari 4: Terus belajar


1
Pelajari hal-hal baru. Belajar adalah cara yang sangat baik untuk membantu meningkatkan kemampuan daya ingat. Pikiran yang muncul pada permulaan belajar, yaitu perjuangan yang Anda rasakan pada saat pertama kali mempelajari hal baru, mungkin terasa cukup menantang tetapi kondisi seperti ini akan sangat baik untuk pikiran Anda. Cara ini juga bisa menyegarkan lagi semangat hidup, yang akan menguatkan Anda.
    • Carilah seminar-seminar atau kursus-kursus malam hari yang Anda sukai. Ikuti dan pelajari hal-hal baru.
    • Berusahalah untuk mengingat hal-hal baru yang sedang Anda pelajari. Cara ini akan membantu meningkatkan kemampuan daya ingat Anda.

Metode 3 dari 4: Terapkan pola makan sehat


1
Gunakan pola makan sehat dalam menjalankan diet dan konsumsi suplemen. Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat misalnya dengan cara minum tablet dan kapsul; tetapi cara ini bisa berbahaya bagi tubuh Anda, jadi pilihlah cara alami yang akan memberikan hasil terbaik. Bahan makanan seperti kacang almond dan jeruk bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Berbagai produk Ayurveda bisa juga dipertimbangkan karena terapi Ayurveda dilakukan berdasarkan pendekatan holistik dan produknya dijual bebas di toko-toko kosmetik atau pasar-pasar tradisional.

Metode 4 dari 4: Tantanglah diri Anda


1
Pelajari kata-kata baru setiap hari. Siapkan kamus di meja di sisi tempat tidur Anda atau di ruang belajar dan pilihlah beberapa kata baru untuk dipelajari setiap hari. Pilih kata-kata baru di pagi hari, lalu gunakan kata-kata ini dalam kalimat sampai malam hari.
    • Tuliskan 10 kalimat dalam sehari dengan menggunakan kata-kata baru.
    • Buat rencana untuk mempelajari "sebanyak X" kata-kata baru sampai dengan akhir bulan.
    • Lakukan cara ini dalam bahasa Anda sendiri dan bahasa-bahasa lainnya juga. Belajar bahasa lain adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan daya ingat Anda.

2
Ujilah diri Anda setiap hari. Buat komitmen untuk melakukan latihan kecil setiap hari misalnya dengan berusaha mengingat iklan yang terpampang di pinggir jalan lalu tulis iklan tadi begitu Anda sampai di rumah. Hal-hal kecil ini akan sangat menolong.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲