Cara Belajar Bahasa Inggris

| Jumat, 06 Februari 2015


Bahasa Inggris adalah bahasa kedua yang bagus untuk dipelajari, baik itu untuk bisnis, melancong atau urusan pribadi. Mempelajari bahasa apapun yang baru membutuhkan kerja keras, komitmen dan siap melakukan kesalahan – dan bahasa Inggris sama saja. Mulailah dengan Langkah 1 di bawah ini untuk beberapa nasihat yang membantu tentang cara memperbagus kecakapan bahasa Inggris Anda.

Bagian 1 dari 3: Memperbagus bahasa Inggris lisan Anda


1
Berbicaralah bahasa Inggris sedikit-sedikit setiap hari. Cara yang absolut terbaik untuk mempelajari bahasa baru adalah menuturkannya saja. Tidak peduli jika Anda hanya mengenal lima kata dalam bahasa Inggris atau jika Anda bisa dibilang fasih -- berbicara dengan bahasa Inggris bersama orang lain itu cara tercepat, paling efektif untuk memperbagus.
    • Jangan tunggu sampai Anda “merasa lebih nyaman” dengan bahasa Inggris -- Anda kemungkinan masih lama mencapai tingkat itu, jadi doronglah diri Anda ke luar zona nyaman Anda dan mulailah berbahasa Inggris sekarang juga. Anda akan terheran-heran betapa cepatnya kecakapan berbahasa Anda menjadi lebih baik.
    • Carilah penutur asli bahasa Inggris yang bersedia menghabiskan waktu berbahasa Inggris dengan Anda -- Anda mungkin mampu menawarkan mereka pertukaran bahasa, mereka menghabiskan 30 menit berbahasa Inggris dengan Anda dan Anda menghabiskan 30 menit berbahasa ibu Anda dengan mereka.
    • Jika Anda tinggal di negara berbahasa Inggris, Anda dapat berlatih dengan memulai percakapan sederhana dengan orang yang Anda temui, baik itu mengatakan “halo” kepada penjaga toko atau menanyakan arah jalan kepada orang asing.

2
Latih pengucapan Anda. Bahkan jika Anda memiliki pemahaman Inggris yang lumayan, dengan tata bahasa yang bagus dan kosakata yang luas, penutur asli Inggris bisa kesulitan memahami jika Anda tidak melatih pengucapan Anda.
    • Pengucapan yang benar dan jelas itu penting jika Anda benar-benar ingin memperbagus tingkat bahasa Inggris Anda. Dengarkan baik-baik cara penutur asli bahasa Inggris mengucapkan kata-kata dan bunyi-bunyi tertentu dan lakukanlah sebisa Anda untuk meniru mereka.
    • Perhatikan khusus pada bunyi yang tidak Anda kenal atau tidak ada dalam bahasa ibu Anda. Misalnya, sebagian orang kesulitan mengucapkan bunyi "r" karena itu tidak ada dalam bahasa ibu mereka, sementara orang lain kesulitan dengan gugus konsonan tertentu, seperti bunyi "th".
    • Hati-hati dengan pengucapan kata-kata Inggris tertentu yang sangat beragam tergantung tempat dituturkannya. Misalnya, bahasa Inggris Amerika itu sangat berbeda dari bahasa Inggris Britania. Jika Anda berniat melancong ke atau tinggal di suatu negara berbahasa Inggris, ini adalah sesuatu yang hendaknya Anda perhitungkan ketika mempelajari cara pengucapan kata-kata tertentu.

3
Perluas kosakata Anda dan gunakan ungkapan-ungkapan idiomatis. Semakin luas perbendaharaan kata Anda dan semakin banyak ungkapan Inggris yang Anda pelajari, semakin mudah jadinya berbahasa Inggris.
    • Sekali lagi, menghabiskan waktu bersama penutur asli Inggris akan membantu Anda menyerap kosakata dan ungkapan umum secara alami. Walaupun juga membaca, menonton TV Inggris dan mendengarkan berita juga bermanfaat.
    • Setelah Anda mempelajari suatu kata atau ungkapan baru, hendaknya Anda berusaha menggunakannya dalam kalimat -- ini cara terbaik untuk mengikatnya dalam ingatan.
    • Satu lagi cara mudah mengikat kata-kata baru dalam ingatan adalah memasang label bagi barang-barang rumah tangga sehari-hari dan lekatkan di sekujur rumah atau apartemen Anda. Kemudian setiap kali Anda menggunakan cerek atau melihat cermin, Anda akan melihat kata Inggris untuk benda-benda ini yang Anda hadapi.
    • Anda hendaknya jgua memulai buku catatan ungkapan idiomatis yang sering digunakan penutur bahasa Inggris. Beberapa contoh mencakup "it's raining cats and dogs " (hujan deras), " to be on cloud nine" (merasa sangat senang) atau mengatakan bahwa sesuatu itu "piece of cake" (ketika sesuatu itu sangat mudah). Menaburkan ungkapan-ungkapan seperti ini ke dalam percakapan Anda akan cukup meningkatkan tingkat bahasa Inggris Anda.

4
Datangi kelas atau kelompok diskusi bahasa Inggris. Satu lagi cara untuk menambahkan percakapan berbahasa Inggris ke dalam rutinitas mingguan Anda adalah mendaftar ke kelas kelompok diskusi.
    • Mendatangi kelas bahasa Inggris itu cara yang bagus tuntuk berfokus pada beberapa aspek bahasa Inggris yang lebih formal. Kelas akan mengajarkan Anda cara berbicara yang sesuai dengan tata bahasa -- yang mencakup struktur kalimat yang benar dan konjugasi kata kerja serta pada umumnya akan memberikan pendekatan yang sangat terstruktur kepada pembelajaran bahasa.
    • Mendatangi kelompok diskusi itu cara yang lebih informal dan santai untuk belajar bahasa Inggris, penekanannya lebih pada komunikasi dan membangun hubungan daripada berbahasa Inggris " dengan benar". Berbicara bahasa Inggris dalam suasana ini dapat membantu Anda menjadi lebih nyaman dengan berbicara di depan orang lain.
    • Kedua suasana pembelajaran bahasa ini memiliki sisi plus dan minusnya, jadi lebih baik melakukan keduanya jika Anda bisa!

5
Bawa kamus. Membawa kamus Inggris bersama diri Anda setiap saat (baik itu berbentuk buku atau aplikasi telepon genggam) dapat menjadi sangat berguna.
    • Memiliki kamus berarti Anda tidak akan pernah mandek soal kata. Itu bisa menghindarkan Anda dari malu jika anda bercakap-cakap dengan penutur bahasa Inggris dan lupa suatu kata di tengah kalimat -- Anda tinggal mencarinya sekejap saja!
    • Selain dari menghindari kecanggungan, mencari kata yang Anda perlukan kemudian langsung menggunakannya di dalam kalimat akan benar-benar membantu Anda mengingat kosakata baru ini.
    • Berguna juga memiliki kamus untuk digunakan sepanjang hari, dalam momen pribadi, seperti ketika naik kereta api, menunggu rambu-rambu untuk menyeberang jalan atau sekedar meminum kopi. Anda bisa mendapatkan tambahan 20 sampai 30 kata bahasa Inggris yang baru setiap hari menggunakan teknik ini!
    • Sebagai pemula, hendaknya Anda memulai dengan kamus Inggris yang memberikan definisi di dalam bahasa ibu Anda. Namun, setelah kecakapan bahasa Anda meningkat, hendaknya Anda ganti dengan kamus Inggris-Inggris yang memberikan definisi Inggris menggunakan bahasa Inggris.

Bagian 2 dari 3: Meningkatkan Kecakapan Menulis, Membaca, Mendengar Anda


1
Dengarkan radio atau podcast Inggris. Salah satu cara terbaik memperbagus pemahaman mendengar bahasa Inggris Anda itu dengan mengunduh podcast atau aplikasi radio berbahasa Inggris di telepon genggam Anda atau di pemutar MP3 Anda.
    • Anda hendaknya berusaha mendengarkan acara podcast atau radio itu selama setidaknya 30 menit per hari. Lakukan di sasana, dalam perjalanan ke kantor, atau selagi duduk di depan komputer.
    • Benar-benar berusaha “memahami” apa yang dikatakan, jangan biarkan bahasa Inggrisnya angin lalu saja. Sekalipun Anda merasa terlalu cepat, coba ambil kata-kata kunci dan ungkapan untuk mendapat gagasan umum percakapannya.
    • Jika bisa, buat catatan kata atau ungkapan yang belum Anda pahami dan lihat terjemahannya nanti. Kemudian dengarkan podcast atau acara itu lagi untuk mendengar kata atau ungkapan baru itu di dalam konteksnya.

2
Tonton film dan acara TV berbahasa Inggris. Satu lagi cara menyenangkan untuk meningkatkan pemahaman mendengar Anda itu menonton film dan acara TV Inggris.
    • Coba pilih film dan acara TV yang akan Anda senangi -- ini akan menjadikan latihannya tidak terasa membebani. Jika bisa, pilihlah film atau acara yang sudah Anda kenali, seperti kartun anak-anak atau film blockbuster. Jika Anda sudah mengetahui cerita dasarnya Anda akan merasa bahasanya lebih mudah diserap.
    • Namun Anda hendaknya menghindari menonton film atau acara TV dengan subtitle dalam bahasa ibu Anda -- itu akan mengalihkan perhatian Anda dan menjadikan Anda kurang mau fokus kepada memahami bahasa Inggrisnya yang merupakan tujuan dari melakukan ini.

3
Baca buku, koran atau majalah berbahasa Inggris. Membaca itu bagian esensial dari mempelajari bahasa baru, jadi jangan lupa latihan!
    • Cari sesuatu yang benar-benar Anda tertarik padanya -- baik itu novel berbahasa Inggris yang terkenal, The New York Times atau majalah mode dan mulai melatih diri dengannya. Jika Anda merasa kandungannya membosankan, Anda akan kurang tertarik untuk beristiqomah melakukannya.
    • Sekali lagi, aktiflah berusaha untuk benar-benar mengerti bacaan Anda, jangan diskim. Garis bawahi kata-kata atau ungkapan yang tidak Anda mengerti, kemudian cari di kamus.
    • Jika Anda sendirian, Anda bisa juga membacanya dengan bersuara – ini akan memungkinkan Anda memperbaiki pemahaman membaca sekaligus memperbaiki pengucapan Anda.

4
Simpan diari dalam bahasa Inggris. Selain dari mengurus pemahaman baca-tulis Anda, Anda hendaknya juga menghabiskan waktu memperbagus menulis bahasa Inggris.
    • Ini bisa jadi aspek yang paling susah dalam pembelajaran bahasa, namun tetap penting. Menulis dalam bahasa Inggris akan membantu Anda memperbaiki struktur kalimat, tata bahasa dan ejaan Anda.
    • Coba menyimpan diari Inggris yang Anda tuliskan beberapa kalimat setiap hari. Tidak perlu terlalu mendalami diri Anda -- Anda dapat menulis tentang cuaca, makanan Anda ketika makan malam atu rencana Anda untuk hari itu.
    • Jika Anda merasa nyaman dengan ini, mintakan seorang penutur asli untuk memeriksa apa yang Anda tuliskan dan minta cari kesalahannya. Ini akan membantu Anda mengelak dari kesalahan yang sama terulangi.

5
Cari sahabat pena penutur bahasa Inggris. Setelah kecakapan bahasa tertulis Anda membagus, Anda dapat mempertimbangkan mencari sahabat pena penutur bahasa Inggris!
    • Memiliki sahabat pena penutur bahasa Inggris menggabungkan latihan menulis Inggris Anda dengan kesenangan menerima surat atau surel!
    • Sahabat pena Anda bisa seseorang yang mempelajari bahasa Inggris seperti diri Anda sendiri , atau bisa penutur bahasa Inggris asli yang ingin melatih kecakapan bahasa asing mereka dengan menulis dengan bahasa ibu Anda.
    • Memiliki sahabat pena dari negara berbahasa Inggris (seperti Amerika Serikat, Britania Raya, Kanada, Irlandia, Australia, Selandia Baru atau Afrika Selatan, misalnya) akan juga memungkinkan Anda mempelajari lebih tentang budayanya serta bagaimana hidup di belahan dunia sana.

Bagian 3 dari 3: Berkomitmen pada Bahasa Baru Anda


1
Tetaplah termotivasi. Ketika mempelajari bahasa baru apapun, penting tetap termotivasi dan tidak menyerah untuk mencapai tujuan jadi fasih.
    • Tetaplah berkomitmen pada tujuan mempelajari bahasa Anda dengan mengingatkan diri Anda betapa kuat keinginan Anda mencapainya. Pikirkan semua pengalaman manakjubkan dan peluang yang akan tersedia bagi Anda setelah Anda menguasai bahasa Inggris.
    • Anda akan mampu berbicara dengan penutur bahasa Inggri dari seluruh dunia dan mengembangkan hubungan yang baru dan menyenangkan, Anda akan mampu lebih berhubungan dengan kebudayaan yang berbahasa Inggris daripada sebelumnya dan berpotensi memajukan karir Anda sebagai akibat kecakapan bahasa Anda yang baru.

2
Latihan setiap hari. Jika Anda ingin cepat fasih, Anda perlu berkomitmen latihan setiap hari.
    • Mempelajari bahasa baru itu didasari pengulangan, jadi jika Anda terlalu lama jeda antar sesi belajar, Anda akan lupa segala yang telah Anda pelajari sebelumnya dan harus mengulangi dari awal, menyianyiakan waktu yang berharga.
    • Meskipun demikian, Anda hendaknya jangan terlalu sering belajar sampai Anda muak dengan bahasa Inggris -- usahakan menjaganya tetap menarik dengan menyelesaikan pekerjaan yang berbeda setiap hari – satu hari membaca, satu hari pemahaman mendengar, satu hari latihan menulis, satu hari mempelajari tata bahasa, dst.
    • Namun jangan Anda lewatkan kesempatan untuk melatih berbicara dengan bahasa Inggris, karena ini adalah cara terpenting untuk mencapai kefasihan.

3
Latih diri Anda berpikir dengan bahasa Inggris. Satu cara untuk bertransisi dari sangat baik dalam berbahasa Inggris menjadi fasih itu melatih otak Anda untuk berpikir dalam bahasa Inggris.
    • Selalu terjemahkan dari bahasa ibu Anda ke bahasa Inggris dan sebaliknya di dalam kepala Anda itu menghabiskan waktu dan energi. Setiap bahasa memiliki detail-detail dan ciri khasnya sendiri, yang menjadikan terjemah akurat dari satu bahasa ke bahasa lain itu mustahil di beberapa keadaan.
    • Hasilnya, bahasa Inggris lisan dan tertulis Anda akan meluncur dengan lebih alami dan lebih lancar jika Anda dapat melatih otak Anda untuk berpikir dalam bahasa Inggris. Pikirkan seakan sakelar – ketika sudah waktunya berkomunikasi dengan bahasa Inggris, Anda perlu menyalakan otak Inggris Anda dan mematikan otak bahasa ibu Anda!

4
Bertemanlah dengan penutur bahasa Inggris. Salah satu uji terbesar kefasihan seseorang dalam bahasa keduanya itu dengan meletakkannya di ruang yang diisi penutur asli semua dan melihat apakah orang itu dapat mengikut dan berkontribusi dalam percakapannya.
    • Cara terbaik untuk mencapai tingkat kefasihan ini adalah dengan berteman dengan beberapa penutur bahasa Inggris dan bersosial degnan mereka, seperti di kafe atau di bar.
    • Dengan begini, Anda akan terpaksa memakai bahasa Inggris jika Anda ingin berinteraksi dengan teman-teman Anda, namun tidak terasa seperti pekerjaan atau pelajaran karena Anda akan merasa sangat senang!

5
Jangan takut salah. Halangan terbesar yang menghalangi Anda mempelajari bahasa baru adalah rasa takut membuat kesalahan.
    • Rasa takut ini tidak ada gunanya -- ini sekedar halangan yang menghalang Anda mencapai tujuan kefasihan Anda.
    • Ingat bahwa semua orang bisa berbuat salah ketika mempelajari bahasa baru – itu harus dilalui. Anda akan hampir pasti ada saat-saat canggung atau memalukan ketika Anda tidak sengaja mengatakan sesuatu yang kasar atau tidak benar, namun ini semua berkontribusi pada kesenangannya.
    • Ingat juga bahwa Anda tidak bertujuan pada kesempurnaan ketika belajar bahasa Inggris, Anda bertujuan untuk maju. Berbuat salah itu bagian dari proses belajar, hal itu akan membantu Anda menjadi lebih baik, jadi terima saja!

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲