Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

| Sabtu, 14 Februari 2015
Pori-pori tidak membuka atau menutup, sehingga tidak ada cara untuk mengecilkannya. Meskipun begitu, Anda dapat membuatnya tampak lebih kecil. Pori-pori sulit terlihat ketika kulit sehat, tetapi ketika tersumbat, pori-pori menjadi tampak jauh lebih besar. Baca terus untuk mengetahui empat metode membuat pori-pori Anda terlihat lebih kecil yang meliputi pengelupasan kulit, penggunaan masker wajah, perawatan khusus dan penggunaan make up penyembunyi pori.



Metode 1 dari 4: Eksfoliasi

1
Gunakan pembersih make up. Penumpukan make up sering menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori. Langkah pertama dalam proses pengelupasan kulit adalah menghapus make up.
·         Cobalah untuk menemukan pembersih make up alami, jika mungkin. Bahan kimia dalam banyak produk pembersih make up (make up remover) dapat membuat kulit Anda kering sehingga menyebabkannya mengelupas dan meningkatkan kebutuhan pengelupasan kulit.
Iklan

2
Bersihkan wajah Anda dengan air hangat. Tidak perlu menggunakan pembersih wajah khusus untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Justru, sabun, parfum dan bahan-bahan lain dalam pembersih sebenarnya bisa memperburuk kondisi kulit dengan menyebabkan inflamasi atau peradangan .
·         Pastikan menggunakan air hangat, bukan air panas. Sekali lagi, tak perlu membuat kulit memerah dan meradang, dan ini tidak baik untuk mengurangi kenampakan pori-pori Anda.
·         Tepuk kering wajah Anda dengan handuk yang lembut. Jangan menggosoknya atau Anda akan merusaknya, karena kulit wajah lebih sensitif dari kulit bagian tubuh lainnya:
·         Sikat wajah kering. Beli sikat halus kecil yang dibuat dari serat alami, dan gunakan untuk menyikat lembut wajah Anda. Wajah dan sikat keduanya harus kering. Gunakan sapuan cepat dan pendek untuk membersihkan kulit mati di sekitar mata, pipi dan dagu.
·         Gunakan eksfolian atau alat/produk pengelupas kulit. Eksfoliasi atau pengelupasan kulit menghilangkan sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori Anda. Pertimbangkan jenis eksfolian berikut ini, dan pilih satu untuk digunakan sesering yang diperlukan.
·         Buat scrub wajah Anda sendiri. Gula, madu dan teh hijau bisa sangan bermanfaat untuk membuat kulit Anda bersinar. Bahan-bahan ini lembut untuk kulit dan tidak menyebabkan peradangan.


3
Lembabkan. Setelah Anda selesai melakukan eksfoliasi, oleskan pelembab ringan atau minyak wajah seperti minyak rose hip (buah dari beberapa jenis tanaman mawar). Pelembab ini akan menjaga kulit Anda dari kekeringan dan teriritasi, serta membantu mengurangi munculnya pori-pori.
Metode 2 dari 4: Gunakan Masker Lumpur

1
Mulai dengan wajah bersih. Dengan menggunakan metode pembersihan yang diuraikan di atas, bersihkan riasan Anda, perciki wajah dengan air hangat, dan tepuk kering dengan handuk.

2
Tes masker wajah Anda pada area kecil. Oleskan masker pada bidang kecil di wajah Anda. Biarkan selama beberapa menit kemudian bersihkan. Jika tampak ada kemerahan atau kulit meradang, jangan gunakan masker. Jika tidak, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

3
Aplikasikan masker. Masker menarik kotoran dari pori-pori Anda dan mengurangi peradangan pada kulit di sekitarnya, sehingga membantu membuat pori-pori terlihat lebih kecil .
·         Masker lumpur ideal untuk tujuan ini, namun setiap masker wajah yang alami akan bekerja dengan baik. Cobalah membuat masker sendiri dengan yogurt.
·         Oleskan masker pada wajah Anda, dan berkonsentrasilah pada area di mana pori-pori tampak besar.
·         Biarkan masker pada wajah selama sekitar lima belas menit, atau sesuai waktu yang ditentukan pada kemasan produk masker Anda.

4
Bilas masker. Gunakan air hangat untuk membilas masker dengan lembut. Tepuk kering wajah Anda dengan handuk yang lembut. Wajah Anda akan tampak segar, dengan pori-pori yang tampak lebih kecil.
Metode 3 dari 4: Gunakan Perawatan Khusus

1
Gunakan alpha atau beta hydroxy acids (AHA dan BHA), yang dikenal sebagai eksfolian kimia. Produk ini tersedia dan dapat Anda beli di toko-toko kecantikan, dan produk ini mengeelupas kulit tanpa Anda harus menggosoknya.
·         Mulai dengan wajah bersih, aplikasikan produk pada wajah dan diamkan selama lima belas menit, atau waktu yang ditentukan pada kemasan.
·         Cuci wajah Anda sampai bersih dan tepuk kering menggunakan handuk lembut.
·         Jangan membiarkan produk menempel terlalu lama pada wajah Anda karena bisa menyebabkan iritasi.

2
Pertimbangkan penghilangan komedo. Kebanyakan saran kecantikan menyarankan untuk tidak secara aktif menghilangkan komedo, dan tidak boleh dilakukan terlalu sering. Namun jika komedo di wajah Anda terlihat sangat jelas dan berlebihan, tidak apa-apa untuk membersihkannya kadang-kadang .
·         Pertama, eksfoliasi komedonya. Kemudian gunakan sapuan lap steril di area tersebut. Pencet kulit sekitar komedo dengan jari yang sudah dilapisi tisu bersih untuk mencegah penyebaran bakteri, dan pencet lembut komedo sampai keluar dari kulit.
·         Alternatif lain adalah dengan menggunakan alat penghilang komedo. Selalu pastikan Anda memakai sarung jari tangan mini atau membungkus sekitar jari-jari Anda dengan tisu untuk mencegah perpindahan bakteri.
3
Lakukan mikrodermabrasi atau pengikisan kulit secara mikro. Perawatan profesional ini menghilangkan lapisan kulit untuk mengelupasnya lebih dalam. Perawatan ini biasanya mahal dan dapat merusak kulit Anda jika dilakukan terlalu sering.
Metode 4 dari 4: Gunakan Make Up Penyembunyi Pori

1
Mulai dengan pelembab yang bagus. Kulit Anda perlu tetap terhidrasi untuk mencegahnya teriritasi dan meradang, yang membuat pori-pori Anda terlihat lebih besar. Lapisan pelembab juga melindungi kulit Anda dari bahan kimia yang bisa mengiritasi kulit yang terkandung dalam produk-produk makeup lainnya.

2
Gunakan primer. Ini adalah lapisan make up pertama yang Anda pakai pada kulit setelah pelembab. Primer akan menyatu dengan warna kulit dan menghaluskan tekstur kulit Anda sehingga membuat pori-pori tampak lebih kecil .

3
Gunakan concealer atau penutup noda. Concealer menambah lapisan warna dan tekstur lain pada kulit dan produk ini benar-benar bisa menutupi permukaan kulit Anda, tergantung merek yang Anda pilih .
·         Jika pori-pori Anda tampak besar, Anda mungkin tergoda untuk mengaplikasikan make up tebal-tebal. Concealer cukup efektif dalam dosis kecil, namun menggunakannya terlalu banyak justru akan menarik lebih banyak perhatian pada bagian yang ingin Anda sembunyikan.
4
Pilih merek concealer Anda dengan bijaksana. Concealer dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya tampak lebih besar. Pastikan concealer Anda tidak memperburuk keadaan sebelum Anda memasukkannya dalam rutinitas make up harian Anda.
·         Hapus make up Anda setiap malam. Pastikan Anda membersihkannya sebelum tidur sehingga Anda bangun dengan pori-pori yang tidak tersumbat.
Tips
·         Minum banyak air dan makan banyak sayuran. Membuat pilihan gaya hidup yang sehat untuk kulit akan mengurangi peradangan di wajah Anda.
·         Selalu gunakan produk alami sebisa mungkin. Anda berisiko merusak kulit Anda dengan merawatnya menggunakan bahan kimia, bahkan jika produk tersebut dimaksudkan untuk mengelupas kulit atau membuka pori-pori yang tersumbat.


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲