Cara Cepat Menghilangkan Migrain

| Sabtu, 14 Februari 2015
Jika tidak segera ditangani, migrain bisa berlangsung selama empat jam hingga tiga hari. Hentikan penderitaan akibat migrain secara cepat dengan menempatkan diri dalam lingkungan yang menenangkan. Selain itu Anda dapat mencoba berbagai solusi alami atau obat yang berkhasiat untuk membantu mengobati sakit kepala berdenyut-denyut. Berikut adalah beberapa teknik yang patut dipertimbangkan.
Bagian 1 dari 3: Penyembuhan Melalui Lingkungan

1
Matikan lampu. Kebanyakan migrain terjadi karena dipicu oleh rangsangan sensorik, seperti lampu yang terang atau berkedip. Tenangkan indera Anda dengan mematikan lampu dan memasang gorden, atau pindah ke ruangan yang gelap.
·         Tetap tinggal di dalam ruangan gelap sampai migrain Anda hilang atau, jika tidak, selama yang Anda perlukan.
·         Kenakan kacamata hitam bila diperlukan. Jika Anda harus keluar dan tidak menuju ke lokasi yang tidak terlalu terang atau tidak ada cahaya, kenakan kacamata hitam polarisasi untuk melindungi mata Anda dari bagian paling terang spektrum cahaya. Tindakan ini mungkin tidak cukup efektif sebagaimana menghabiskan waktu beberapa menit di ruangan gelap, tapi biasanya juga membantu.
Iklan

2
Menghilangkan kebisingan semampunya. Sebagaimana halnya cahaya, suara merupakan rangsangan sensorik lain yang dapat juga memicu migrain. Matikan semua latar belakang suara yang bising - radio, televisi atau pindah ke tempat yang tenang dan tentram.
·         Jika Anda tidak bisa pergi ke ruangan lain yang tidak bising, kenakan headphone penghilang suara pada telinga Anda untuk memblokir suara dari luar.
·         Beberapa orang menganggap keheningan menimbulkan stres atau bahkan menakutkan. Jika hal ini terjadi, hidupkan mesin white noise atau pembersih udara untuk memberikan suara ambien yang menenangkan. Anda juga bisa mencoba musik yang menenangkan, tapi hindari lagu-lagu yang keras atau menggembirakan.

3
Berbaringlah dan beristirahat. Stres dan kurang tidur adalah pemicu umum lain untuk sakit kepala migrain. Luangkan waktu beberapa menit untuk berbaring terlentang dan menutup mata Anda pada saat migrain menyerang.
·         Istirahat di mana saja dari 5 sampai 30 menit untuk menghilangkan migraine.
·         Untuk catatan migrain juga bisa disebabkan terlalu banyak tidur. Jika ini adalah salah satu pemicu migrain yang Anda alami, Anda harus berhenti berbaring lebih lama lagi.

4
Ambil napas dalam-dalam. Latihan pernapasan dapat membuat tubuh rileks, sehingga bisa melepaskan ketegangan yang mungkin berkontribusi terhadap migrain yang Anda rasakan.
·         Berbaring telentang dengan bantal di bawah kepala Anda dan bantal lain di bawah lutut Anda. Kaki Anda harus agak menekuk.
·         Tempatkan tangan Anda yang dominan di dada bagian atas dan tangan lainnya dibawah tulang rusuk Anda.
·         Tarik napas perlahan melalui hidung sampai Anda merasakan dorongan perut pada tangan Anda yang tidak dominan.
·         Hembuskan napas perlahan melalui bibir yang mengerucut sembari Anda mengencangkan perut.
·         Tahan tangan dominan Anda pada posisi yang sama di sepanjang prosesnya.
·         Lakukan rutinitas seperti ini selama sekitar lima menit.

5
Tempelkan kompres dingin. Kain dingin yang ditempelkan pada kepala Anda yang sakit dapat menyebabkan pembuluh darah di daerah tersebut menyempit, sehingga memperlambat aliran darah ke kepala Anda.[1]
·         Basahkan kain lap bersih yang lembut dengan air dingin dan letakkan di dahi atau di bagian belakang leher Anda. Biarkan selama 10 sampai 15 menit. Beristirahatlah selama 10 sampai 15 menit sebelum menempelkan kompres kembali, dan teruskan metode ini sampai migrain Anda hilang.
·         Dalam beberapa kasus, suhu dingin dapat menjadikan sakit kepala bertambah parah. Jika rasa sakit meningkat setelah 5 menit rawatan pertama, segera hentikan dan coba metode yang lain.
6
Mandi air dingin, dilanjutkan dengan tidur di dalam ruangan yang sejuk.
·         Berdiri di bawah pancuran air dingin dengan air yang mengalir di atas kepala Anda selama minimal 15 menit.
·         Pijat kepala saat keramas. Hal ini akan mengurangi ketegangan di tubuh Anda saat melepaskan panas dari kulit kepala Anda.
·         Dengan lembut tekan air yang berlebih dari rambut Anda, tapi biarkan tetap lembab. Jangan mengeringkan rambut Anda.
·         Berbaringlah di ruang dingin sementara rambut Anda masih basah dan cobalah untuk tidur sesaat. Anda dapat menempatkan handuk di atas bantal Anda jika Anda khawatir bantal menjadi basah.
Bagian 2 dari 3: Pengobatan Alami

1
Konsumsi suplemen yang tepat.[2] Suplemen yang direkomendasikan penelitian yang dapat membantu menyingkirkan migrain yang Anda derita adalah vitamin B2, feverfew, melatonin, Butterbur, co-Q10 dan magnesium.
·         Suplemen yang mengandung butterbur adalah di antara yang paling bermanfaat dan mampu mencegah migrain serta mengurangi keparahannya. Suplemen ini juga mengurangi peradangan dan menstabilkan aliran darah sembari bertindak sebagai penghalang beta, beta blocker, yang pada akhirnya mencegah kekejangan pada pembuluh darah. Minum dosis 50 mg dan pastikan suplemen yang Anda telan diberi label "bebas PA."
·         Vitamin B2 atau biasa disebut riboflavin, juga telah diketahui mampu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain. Mengkonsumsi 400 mg vitamin setiap hari dapat menurunkan 50 persen frekuensi gejala Anda, dan meminumnya saat migrain menyerang dapat mengurangi rasa sakit.
·         Feverfew, melatonin, dan Co-Q10 (koenzim Q10) mampu ataupun mungkin tidak mampu membantu mengurangi keparahan migrain saat ia menyerang. Meskipun begitu dosis standar suplemen-suplemen tersebut dapat membantu mengurangi frekuensi serangan migrain.
·         Hasil studi mengenai magnesium belum jelas. Suplemen magnesium 500 mg dapat membantu mengurangi keparahan migrain jika migrain tersebut terkait dengan siklus menstruasi, tetapi selain itu, manfaatnya masih bisa diperdebatkan.

2
Buatlah teh dengan lavender atau herbal bermanfaat lainnya. Teh herbal bisa menenangkan tubuh Anda dan mengurangi ketegangan penyebab migrain. Efeknya adalah Anda mungkin merasakan migrain yang diderita cepat mereda. Lavender, jahe, peppermint, dan cabai rawit semuanya dapat membantu.
·         Lavender mengurangi radang pembuluh darah dan umumnya obat herbal yang paling efektif untuk kegelisahan, stres, dan migrain yang dipicu oleh stres. Selain menghirup teh herbal lavender, Anda juga bisa menempelkan sachet atau paket panas lavender kering di atas mata untuk meringankan migrain saat ia terjadi.
·         Jahe, peppermint, dan cayenne semuanya memiliki kandungan alami pereda rasa sakit. Jahe dan peppermint baik untuk mengurangi setiap mual yang datang karena migrain. Patut diperhatikan bahwa jahe dapat mengencerkan darah, sehingga harus dihindari jika Anda sedang mengkonsumsi obat pengencer darah.
·         Buatlah teh herbal yang mampu mengusir migrain dengan menyeduh sedikit cabe rawit, 1 inci (2,5 cm) jahe segar, dan 1 sdt (5 ml) daun peppermint kering dalam 2 gelas (500 ml) air mendidih selama 15 menit.[3]

3
Kurangi konsumsi kafein. Kafein adalah sebuah paradoks jika berkenaan dengan migrain. Terlalu banyak dapat menimbulkan migrain, tapi minum sedikit kafein saat migrain datang dapat membantu meringankan rasa sakitnya.
·         Cukup konsumsi sedikit kafein: sekaleng soda, secangkir kopi, secangkir teh, atau satu batang cokelat. Hindari minuman energi yang tinggi kafein.
·         Perlu dicatat bahwa ini umumnya hanya bekerja jika migrain Anda awalnya memang tidak dipicu oleh kafein.

4
Pijat bagian pelipis dan leher. Migrain memiliki kaitan erat dengan ketegangan. Adakalanya, pijatan singkat dan perlahan bisa mengendurkan otot dan pembuluh darah untuk meringankan gejala-gejala.
·         Gunakan telunjuk dan jari tengah kedua tangan untuk memijat lembut pelipis, sisi leher, dan belakang leher Anda. Gunakan tekanan stabil tapi lembut dengan gerakan melingkar.
·         Untuk meningkatkan efektivitas teknik ini, celupkan jari-jari Anda ke dalam air dingin sebelum Anda mulai memijat. Air dingin dapat menyempitkan pembuluh darah, akibatnya memperlambat aliran darah ke kepala Anda.
5
Lakukan pijatan profesional.Cite error <cite_error_included_ref>; $2
Bagian 3 dari 3: Obat

1
Minum obat pereda nyeri dari toko farmasi.[4] Obat non-steroid anti-inflamasi dan analgesik mengurangi nyeri migrain dengan cara mengurangi radang pembuluh darah.
·         Obat anti-inflamasi nonsteroid termasuk naproxen dan ibuprofen. Analgesik termasuk aspirin dan acetaminophen.
·         Supaya pengobatan ini efektif. Anda harus mengkonsumsi obat tersebut dalam waktu 30 menit saat gejala migrain pertama muncul. Obat ini masih dapat bekerja bahkan jika Anda menunggu lebih lama dari itu, tetapi serangan migrain bisa berlangsung sedikit lebih lama.
·         Hindari minum obat ini lebih dari dua kali dalam seminggu. Tindakan ini dapat menyebabkan Anda mengalami migrain yang muncul kembali setelah pengaruh obat hilang.

2
Coba obat pereda sakit dari toko farmasi yang mengandung kafein. Beberapa obat non-resep menggabungkan analgesik biasa dengan kafein dosis rendah. Kafein mempersempit pembuluh darah dan efektif menghilangkan rasa sakit.
·         Obat ini biasanya menggabungkan acetaminophen atau aspirin dengan kafein.
·         Studi menunjukkan bahwa obat ini dapat bekerja 20 menit lebih cepat daripada kandungan obat dalam kafein.
·         Untuk obar pereda sakit lainnya dari toko farmasi, Anda harus mengkonsumsi obat dalam waktu 30 menit sejak gejala pertama muncul dan hindari mengkonsumsi obat lebih dari dua kali dalam seminggu.

3
Minta resep untuk triptans. Obat ini bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah Anda, sehingga membatasi aliran darah ke kepala.
·         Studi dan uji coba menunjukkan banyak penderita migrain merasakan kelegaan yang signifikan dalam waktu satu jam setelah meminum obat tersebut, dan rasa sakit hilang sepenuhnya dalam waktu kurang dari dua jam.
·         Hindari minum triptans lebih dari 17 kali dalam sebulan. Hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami migrain yang datang setelahnya karena tubuh sudah terbiasa dengan obat tersebut.
·         Perhatikan bahwa Anda dilarang mengkonsumsi triptans jika Anda memiliki riwayat serangan jantung atau stroke.

4
Tanya dokter Anda perihal dihydroergotamine atau ergotamines. Resep obat ini juga menyempitkan pembuluh darah di otak Anda. Selain menenangkan rasa sakit yang utama, obat ini juga dikenal dapat mengurangi mual dan sensitivitas cahaya yang terkait dengan migrain.
·         Obat ini biasanya diberikan dalam bentuk semprotan hidung atau suntikan.
·         Suntikan mungkin diberikan untuk perawatan satu kali, tetapi jika Anda sering mengalami migrain, dokter mungkin meresepkan semprotan hidung.
Tips
·         Buat jurnal perihal migrain yang Anda alami.[5] Ketika migrain menyerang, catat kondisi lingkungan sekitar Anda. Tuliskan rangsangan sensorik (lampu terang, musik keras, bau aneh, dll), penyebab stres, kebiasaan diet, dan kebiasaan tidur. Setelah beberapa kali serangan, baca kembali buku harian Anda untuk menentukan kondisi umum yang biasanya ada sebelum migrain menyerang. Kondisi ini adalah "pemicu migrain Anda" oleh karena itu harus dihindari sebagai tindakan pencegahan atau usaha membatasi terjadinya migrain di masa depan.


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲