Cara Belajar Lebih Efisien

| Jumat, 13 Februari 2015
Jika anda tahu bagaimana belajar lebih efisien, anda akan bisa belajar lebih banyak, memiliki hasil tes yang lebih bagus, dan memanfaatkan seluruh waktu belajar anda. Belajar untuk belajar lebih efisien berarti memahami apa yang paling cocok untuk anda, dan memanfaatkan kelebihan anda sebagai murid untuk mempercepat belajar. Jika anda ingin mengetahui soal ini, ikuti langkah di bawah ini.



Metode 1 dari 2: Bersiap Untuk Belajar
1
Miliki rencana. Ketika anda sudah tahu apa yang harus dipelajari, ini adalah waktu untuk melakukan rencana untuk memanfaatkan waktu anda dan menyiapkan ujian atau tugas sehingga anda tidak terburu-buru di satu hari sebelumnya yang akhirnya menyebabkan sakit kepala atau nilai rendah. Berikut ini yang dapat anda lakukan:
·         Miliki catatan. Tulis semua kursus, aktivitas, dan kegiatan sosial. Melihat catatan ini akan memberi anda bayangan bagaimana minggu, bulan, dan semester anda akan menjadi. Anda juga bisa melihat kapan anda akan sibuk dan kapan akan luang.
·         Entah anda belajar untuk ujian atau hanya untuk mengejar materi, luangkan beberapa jam setiap minggu untuk belajar. Perlakukan waktu khusus ini seperti kelas sesungguhnya. Jika teman anda ingin pergi dengan anda di jam tersebut, katakan anda sibuk.
·         Coba untuk belajar di waktu yang sama setiap hari. Memilih waktu ketika otak anda paling segar. Beberapa orang suka untuk belajar langsung setelah kelas saat materi masih teringat jelas, beberapa ada yang lebih suka istirahat sejenak.
·         Jangan berencana untuk belajar satu jam sebelum ujian. Buat jam terakhir itu sebagai waktu istirahat. Jika anda mengeksekusi rencana, anda akan lebih dari siap!
·         Buat agenda untuk waktu belajar anda. Buat daftar lengkap bab, konsep, atau ide mana yang akan anda pelajari setiap sesi belajar. Daftar ini bisa berubah sesuai dengan materi pelajaran anda.
·         Buat agenda untuk setiap sesi. Sebelum anda masuk ke sesi belajar, buatlah daftar detil dari beberapa item yang akan anda pelajari tiap sesi. Cek apakah semua itu terpelajari.
·         Jangan lupa untuk menjadi sehat di rencana anda. Anda tetap perlu tidur 6-8 jam dan olahraga 30 menit sehari atau 1 jam di beberapa hari seminggu, bahkan di masa belajar yang padat. Jangan lupa kalau pikiran dan tubuh tidak sehat, anda tidak bisa maksimal di ujian. Walau anda mungkin bisa mengurangi sedikit, tapi anda tidak bisa menghilangkan ini sepenuhnya.
Iklan
2
Miliki sikap yang benar.[1] Sikap yang benar akan menempatkan anda di pola pikir yang benar, yang akan membuat anda lebih terbuka dan tertarik soal belajar. Sikap yang salah akan membuat anda menyerah sebelum memulai, dan menjauhkan anda dari fokus dan menyerap materi. Sebelum anda mulai belajar, berikut ini adalah hal yang harus anda katakan ke diri sendiri untuk mempertahakan sikap yang benar.
·         Ingat kalau anda belajar untuk mendapat pengetahuan, bukan nilai. Karena itulah anda ke sekolah bukan?
·         Katakan pada diri sendiri kalau anda akan sukses karena kerja keras anda. Bahkan jika anda tidak berharap nilai A, cukup katakan pada diri sendiri kalau dengan mengambil inisiatif untuk belajar lebih efisien, aksi anda akan memiliki efek panjang di nilai anda dan anda akan menjadi orang yang lebih rajin. Jangan katakan pada diri anda kalau anda akan gagal seberapa keraspun anda berusaha, atau itu akan terjadi.
·         Jangan khawatir soal bagaimana orang lain belajar. Jangan membandingkan diri anda dengan teman yang belajar 80 jam seminggu, atau dengan teman anda yang sepertinya tidak pernah belajar namun selalu dapat nilai bagus. Jaga fokus anda untuk menemukan apa yang cocok untuk anda.
·         Jangan terobsesi dengan nilai ujian. Meski tentu anda ingin nilai bagus, jangan terlalu terobsesi dengan bagaimana yang akan anda lakukan sampai memulai tes, atau akan tidak akan memakai energi untuk benar-benar belajar tes.
Metode 2 dari 2: Mulai belajar

1
Pilih lingkungan belajar yang benar. Ingat kalau lingkungan yang cocok dengan orang lain belum tentu cocok dengan anda. Memilih lingkungan yang benar berarti anda memilih lingkungan yang cocok buat anda dan jauh dari ganggungan. Beberapa orang suka belajar di tempat yang agak ramai, dimana beberapa lainnya suka belajar di tempat sepi. Sebelum anda memilih tempat yang tepat, carilah lingkungan yang tepat dulu. Beriku ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan:
·         Pilih tempat yang bebas gangguan. Hindari berada di sekitar TV atau tempat yang orang biasanya berbincang-bincang. Jika internet adalah gangguan besar untuk anda, pilih tempat yang tidak memiliki Wifi.
·         Anda bisa belajar di asrama anda, tapi jangan lakukan ini ketika teman sekamar anda ada karena anda akan lebih suka bicara dengannya. Jika anda belajar di asrama, tutup pintu anda dan beri tanda sehingga orang lain tidak asal masuk ke kamar anda.
·         Pilih tempat dengan level suara yang tepat. Jika anda suka yang benar-benar tenang, pilih perpustakaan. Anda akan dikelilingi pelajar lainnya, yang tentunya akan memotivasi anda untuk belajar juga. Jika anda suka sedikit suara, coba kafe yang tidak begitu ramai.
·         Pilih tempat dengan penerangan cukup. Penerangan kedai kopi mungkin terlihat keren, tapi itu akan melukai mata anda dan membuat anda mudah mengantuk.
·         Pilih tempat yang tidak terlalu panas. Suhu dingin akan membuat anda bisa mengantuk. Pilih tempat yang sejuk tapi tetap membuat anda terjaga.
·         Pilih tempat yang membantu anda siap belajar. Ini susah dideskripsikan, tapi anda akan mengetahuinya ketika melihatnya. Ini adalah tempat dimana anda menjadi lebih semangat, dan termotivasi segera setelah anda masuk ke ruangan itu. Anda mungkin bisa punya kursi favorit di perpustakan atau tempat belajar lainnya. Temuka itu dan terus seperti itu.
·         Ingat kalau waktu belajar itu sama pentingnya dengan lingkungan. Jika anda suka belajar di pagi hari, maksimalkan waktu pagi anda. Jika anda suka malam hari, maksimalkanlah itu.

2
Bawa barang yang benar. Setelah anda memilih tempat belajar anda, anda perlu membawa barang-barang anda. Mengetahui apa yang harus dibawa untuk belajar itu sama pentingnya dengan mengetahui apa yang tidak seharusnya dibawa. Ketika anda mengetahui apa yang anda perlukan, anda bisa menulis daftar sehingga anda tahu apa yang berhasil itu setiap waktu. Berikut ini hal yang harus dipertimbangkan:
·         Benda yang yang anda perlu untuk pelajari. Bawa buku teks anda, buku, kartu penanda atau benda lain untuk belajar.
·         Bawa penanda atau pena berwarna untuk membuat mengambil catatan anda lebih efektif.
·         Bawa tab lengket untuk menandai bagian penting dari buku atau catatan anda.
·         Bawa komputer jika anda memerlukannya. Anda mungkin perlu mencari informasi online, atau konsultasi dengan catatan onine. Tapi ingat kalau komputer anda itu penuh gangguan seperti email, facebook, dan situs-situs internet lainnya. Lebih baik anda cetak catatan yang anda perlukan lalu bawa itu.
·         Bawa jaket. Jangan pakai sweater yang terlalu tebal. Jika anda merasa panas dan tidak bisa melepas jaket anda, atau kedinginan tapi tidak membawa jaket, anda tidak bisa fokus dengan belajar anda.
·         Bawa kudapan. Anda harus sedikit makan saat belajar untuk menambah energi. Makan kudapan akan mencegah anda ngantuk juga. Bawa kacang seperti almond, kenari atau buah seperti pisang dan apel. Makanan ini tidak hanya menambah energi, tapi juga bisa meningkatkan fungsi kognitif anda.[2]Anda bisa juga membawa anggur dan kismis.
·         Jika anda pecandu kafein, bawa secangkir teh atau kopi. Tapi jangan terlalu banyak. Hindari minuman berenergi ketika anda belajar. Ini akan membuat anda terjaga sementara, tapi anda akan kecapekan dan kesulitan tertidur setelahnya.
·         Selalu bawa botol air. Jangan lupa untuk minum.
·         Bawa headphone dan musik favorit anda. Ini akan membantu anda.
·         Jangan bawa sesuatu yang akan menganggu anda. Apakah anda memerlukan handphone di beberapa jam kedepan? Jika iya, coba untuk matikan itu. Jangan bawa novel juga untuk dibaca.
·         Hindari kekacauan. Pastikan kalau semua hal di dompet atau tas anda itu dibutuhkan untuk sesi belajar. Pikiran anda akan lebih tidak kacau kalau ada lebih sedikit kekacauan di kehidupan anda.

3
Belajar dengan metode yang bervariasi. Belajar seperti ini akan membawa anda ke pemahaman lebih dalam soal materi dan membuat anda lebih tertarik. Berikut ini beberapa cara untuk belajar:
·         Buatlah garis beras. Membuat garis beras dari materi dengan catatan dan buku teks anda. Pastikan anda menulis ringkasan ini dengan kata-kata anda sendiri sehingga anda benar-benar belajar materi itu, bukan sekedar menumpahkannya. Ringkasan adalah cara bagus untuk belajar materi dan mengatur pikiran anda.
·         Gunakan flashcard. Tulis hal yang paling penting di flashcard dan lakukan tebak-tebakan dengan teman anda untuk melihat berapa banyak yang anda ingat. Letakkan hal yang anda ingat di tumpukan “berhasil” dan hal yang belum terlalu ingat di tumpukan “perlu usaha lagi”. Terus lakukan ini sampai semuanya sudah anda ingat. Flashcard sangat bagus untuk belajar bahasa baru, atau kelas sejarah yang memiliki banyak kata-kata dan istilah sejarah. Anda juga bisa mempelajari flashcard anda sebentar di bus.
·         Gunakan alat bantu ingat. Alat bantu ingat adalah cara bagus untuk mengingat daftar rumit, seperti menggunakan PEMDAS untuk mengambarkan urutan operasi di matematika. (PEMDAS adalah singkatan dari "Parentheses, Exponents, Multiplication, Division, Addition, dan Subtraction).
·         Tulis ulang catatan anda. Jika anda mengetik catatan anda, tulis tangan itu, atau jika anda menulis tangan catatan anda, ketik itu. Pastikan anda merubah struktur kalimat dan kata-kata untuk memastikan anda benar-benar memahami. Ada kemungkinan anda terburu-buru menulis catatan di kelas sampai anda tidak fokus pada artinya.
·         Ambil ujian latihan. Jika guru anda punya ujian latihan untuk anda, atau memang tersedia di buku teks anda, ini bisa anda pakai untuk masuk ke mode ujian. Anda juga bisa bersenang-senang dengan berlatih bersama grup belajar anda.
·         Buat permainan. Jika anda bersama dengan grup, bersenang-senanglah dengan membuat permainan yang membantu anda bersenang-senang sambil mempelajari materi.

4
Gunakan sumber daya anda. Ketika belajar, jangan lupa gunakan banyak sumber tersedia selain catatan dan buku teks anda. Jika anda belajar di sekolah, tentu saja anda banyak sumber yang bis anda pelajari untuk membuat belajar anda lebih efektif seperti:
·         Perpustakaan anda adalah alat yang berguna. Gunakan ini untuk mengecek buku yang membantu anda memahami subjek dengan lebih baik, atau bicara dengan staf perpustakaan untuk mengetahui apakah dia bisa membantu anda dengan sumber tambahan.
·         Manfaatkan jam kantor. Datangi guru anda di jam kerja dengan pertanyaan, dan bicara dengannya untuk mendapat pemahaman lebih. Melakukan ini juga membuat guru anda mengingat anda dan menunjukkan kalau anda peduli dengan pembelajaran anda.
·         Hadiri sesi tambahan. Meski tidak setiap kelas punya sesi ini, jika anda memilikinya, pastikan anda hadir dengan membawa pena. Beberapa murid suka melewatkannya, padahal ini adalah sesi untuk memiliki pemahaman lebih dalam soal materi dan dibanyak kasus, menghadiri ini akan menolong nilai partisipasi anda.
·         Jika anda tidak memiliki sesi ini, anda bisa bicara dengan TA anda (jika anda). Jika anda di kelas yang besar, TA dapat membantu anda lebih memahami materi karena anda mendapat perhatian individual.
·         Hadiri grup belajar. Anda harus mengambil manfaat dari belajar di grup kecil. Belajar di grup 4-5 orang di level yang sama, akan membantu anda mendapat sudut pandang baru pada materi itu, dan membantu anda belajar lebih dengan kuis atau merespon anggota lain. Hanya saja pastikan anda bergabung di grup yang memang serius belajar.
·         Grup belajar itu bagus karena biasanya diadakan di waktu yang sama tiap minggu, sehingga anda memiliki rutinitas belajar yang baik.

5
Istirahat. Ingat kalau istirahat itu sama pentingnya dengan fokus belajar. PIkiran anda akan jadi lebih segar setelah istirahat setiap jam. Ini akan membantu anda menyerap materi, dan menjadi lebih segar. Jika anda belajar selama 6 jam tanpa henti, anda akan sakit kepala. Ini yang dapat anda lakukan:
·         Jangan lupa untuk berjalan ke sekitar. Cobalah jalan sekitar perpustakaan, atau antri beli kopi. Ini akan membuat badan anda lebih terjaga dan lebih segar dari duduk kelamaan.
·         Cari udara segar. Jika anda belajar di tempat tertutup, istirahatlah untuk mencari udara segar atau jalan-jalan keluar. Anda akan menjadi lebih semangat untuk belajar.
·         Jangan lupa untuk makan. Jangan sampai anda melewatkan ini hanya untuk belajar. Isitirahat untuk makan sehat seperti ikan, roti gandum, atau telus. Hindari makanan berlemak tinggi karena memberatkan sistem pencernaan anda.
·         Berikan diri anda hadiah kecil setiap saat. Katakan anda bisa membuka facebook setelah menyelesaikan bab satu, atau anda bisa membuka handphone setelah belajar satu jam. Lakukan apa yang anda perlukan untuk menjadi termotivasi.
·         Ketahui kapan untuk beristirahat. Jika anda sudah merasa sangat penat, atau semua yang anda pelajari susah anda cerna, inilah saatnya untuk istirahat sejenak. Jika anda mengantuk, tidurlah sebentar. Jangan memaksa untuk belajar ketika anda sudah merasa tidak produktif.


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲