Cara Cepat Mengatasi Ketombe

| Sabtu, 14 Februari 2015
Ketombe biasanya tidak begitu terlihat jelas seperti pikiran orang yang mengalaminya, dan ada beberapa hal yang bisa dilakukan sehingga orang lain tidak akan dengan mudah menyadari bila Anda berketombe. Perawatan dengan minyak atau sampo khusus kadang-kadang bisa mengurangi ketombe dalam semalam, tetapi menyingkirkannya secara keseluruhan biasanya paling tidak memerlukan waktu hingga beberapa minggu.



Metode 1 dari 3: Mengatasi Ketombe dengan Cepat
1
Hilangkan dengan sampo kering. Bubuk sampo kering yang bisa Anda beli di apotek atau secara online, bisa ditaburkan di permukaan kulit kepala Anda dan kemudian disisir untuk mengeluarkan ketombe di dalamnya sekaligus. Bilas sisir Anda setiap kali selesai menyisir. [1]
·         Bedak talk bisa juga digunakan untuk mengganti sampo bubuk, tetapi bisa membuat rambut Anda tampak sedikit putih atau memiliki bercak-bercak.
Iklan
2
Tutupi sebagian besar bagian yang berketombe dengan menata rambut Anda. Temukan bagian kulit kepala Anda yang mengalami ketombe paling parah, dan sisir rambut Anda untuk menutupi bagian tersebut. Produk penataan rambut bisa juga membantu Anda untuk melakukan hal ini, tetapi menata rambut Anda dengan menumpuknya di bagian tertentu juga dapat menutupi ketombe dengan cepat. [2]
3
Pilih warna yang cerah. Pilih kaus, pakaian atau atasan lain dengan warna putih, abu-abu atau tampilan metalik. [3] Hal ini akan membuat ketombe yang berwarna kuning atau putih jauh lebih sulit dilihat.
·         Pakaian yang berpola atau berteksur juga bisa membantu menyembunyikan ketombe Anda.
4
Kenakan topi atau syal. Topi apapun dapat digunakan untuk menyembunyikan ketombe di kulit kepala Anda. Sepanjang Anda mengenakannya, topi juga akan mengurangi jumlah ketombe yang jatuh ke pakaian Anda.
5
Bawalah rol benang sebelum bepergian. Kapanpun Anda melihat ketombe jatuh ke pakaian Anda, pergilah ke kamar mandi, dan gunakan rol benang untuk mengangkatnya dari pakaian Anda. [4]
Metode 2 dari 3: Mengurangi Ketombe dalam Waktu Satu Hari

1
Gunakan metode ini untuk membantu Anda sementara, bukan untuk seterusnya. Jika Anda memiliki lapisan ketombe tebal di kulit kepala Anda, dan ingin menguranginya dalam beberapa hari ke depan, perawatan ini kemungkinan bisa membantu Anda. Tetapi untuk mengendalikan ketombe Anda dalam jangka panjang, perawatan di bagian berikutnya akan lebih cocok untuk Anda.
·         Pada akhir bagian ini, ada beberapa perawatan dalam satu hari atau semalaman yang bisa Anda dapatkan di apotek atau dengan resep dokter Anda.

2
Oleskan minyak mineral hangat. Hangatkan satu mangkuk kecil minyak dan pijatkan ke kepala Anda. [5] Minyak zaitun murni, minyak kacang tanah murni lebih disarankan, walaupun penggunannya mungkin dapat memberikan makanan untuk ketombe sehingga menyebabkan jamur.[6] Jika Anda ingin menggunakan minyak alami, minyak tea tree 5% telah terbukti efektif untuk beberapa orang, tetapi penelitian hanya memfokuskan pada pengaruh jangka panjangnya, lebih dari beberapa minggu.
·         Rumor mengenai efek berbahaya dari minyak mineral mungkin tidak berdasar, sepanjang Anda menggunakan minyak mineral murni yang dijual sebagai produk perawatan kulit. [7]
·         Hangatkan minyak perlahan-lahan. Jangan menanaskannya dengan suhu yang teralalu tinggi, apalagi mencapai suhu yang membuatnya berasap.

3
Biarkan minyak selama beberapa jam. Walaupun perawatan ini mungkin bisa mengurangi ketombe lebih cepat dibandingkan dengan sekali penggunaan sampo anti ketombe, minyak ini akan lebih efektif jika dibiarkan dulu selama beberapa jam. Topi mandi bisa digunakan agar rambut Anda tetap bersih selama waktu ini.

4
Bilas dengan sampo atau sabun yang lembut. Air saja tidak akan cukup untuk menghilangkan minyak. Jadi gunakanlah sampo untuk membersihkannya dengan sempurna. Jika sampo belum cukup untuk menghilangkan minyak, cobalah mengoleskan kondisioner selama 10 menit kemudian bilas rambut Anda. Sedikit sabun cuci piring bisa Anda gunakan sebagai pilihan terakhir, tetapi sabun ini mungkin akan membuat rambut Anda rusak.
·         Sampo berbasis tar juga bisa Anda gunakan, dan akan bisa juga membantu menghilangkan ketombe, tetapi banyak orang tidak tahan terhadap bau dan warna yang ditinggalkan oleh bahan ini.

5
Jika rambut Anda masih banyak mengeluarkan ketombe, gunakan obat semalaman. Banyak sampo perawatan jangka panjang juga efektif untuk mengurangi ketombe jika dibiarkan selama delapan jam, atau semalaman. Carilah sampo anti ketombe yang mengandung coal tar dan keratolitik. Jika tidak dinyatakan sebagai keratolitik atau bahan yang bisa melarutkan sel kulit mati, cari bahan urea, asam salisilat atau sulfur di dalam daftar komponen bahan sampo.[8]
·         Cari topi mandi yang cocok dengan ukuran kepala Anda sebelumnya, jika Anda ingin tidur dengan bahan ini di kepala Anda.
Metode 3 dari 3: Mengendalikan Ketombe Jangka Panjang

1
Jika ketombe tampak bening, cobalah perawatan yang sederhana. Jika ketombe Anda tipis, bening dan hanya ditemukan di rambut, bukan kulit kepala, kemungkinan hal ini disbebakan oleh produk penataan rambut. Jenis ketombe ini bisa diatasi dengan berhenti atau mengganti produk penataan rambut Anda, dan mencuci rambut Anda lebih sering lagi. [9] Tetapi jika ketombe Anda tebal, berwarna putih, dan ada di kulit kepala, (baik sendiri ataupun bersama dengan rambut Anda), masalahnya kemungkinan disebabkan oleh jamur atau mikrobia. [10] Hal ini adalah masalah yang disebut oleh sebagian besar dokter dan perusahaan farmasi sebagai ketombe, dan bisa diatasi dengan beberapa langkah berikut ini.

2
Pilih sampo anti ketombe atau produk yang sejenis. Ada banyak senyawa berbeda yang dapat mengatasi ketombe. Untuk ketombe ringan tanpa peradangan atau rasa gatal, carilah sampo yang mengandung asam salisilat atau urea, yang dapat menghancurkan sel kulit mati. Untuk kasus yang lebih serius, cari sampo yang mengandung ketokonazol (paling tidak dengan kadar 1%), atau siklopirokx dalam daftar bahannya. Selenium sulfida (paling tidak kadar 1%) juga efektif, tetapi penggunanya seringkali tidak menyukai minyaknya karena menumpuk di kulit kepala. [11]
·         Dokter bisa meresepkan Anda sampo yang lebih kuat dibandingkan dengan sampo yang dijual bebas, termasuk sampo ketokonazol 2%.
·         Jika rambut Anda hitam dan bisa menjadi kering dengan cepat akibat penggunaan sampo harian, cobalah menggunakan salep steroid topikal (fluocinolone acetonide).[12] Salep ini bisa dioleskan sebagai ganti sampo kering.

3
Gunakan sampo. Basahi rambut Anda, kemudian pijatkan sampo anti ketombe ke kulit kepala Anda. Biarkan selama 5 - 10 menit sebelum membilasnya.

4
Gunakan setiap hari hingga ketombe yang berat hilang. Gunakan sampo anti ketombe Anda sekali setiap hari, hingga rasa gatal dan peradangan akibat ketombe membaik.

5
Jika ketombe Anda tidak kunjung hilang, gantilah dengan jenis sampo lainnya. Jika Anda tidak mengalami perkembangan baik setelah beberapa hari menggunakan sampo anti ketombe tertentu, cobalah sampo yang memiliki bahan yang berbeda. Karena ketombe seringkali disebabkan oleh sejenis jamur, sampo antijamur kemungkinan bisa mengatasi masalah hingga ke akarnya. [13] Dokter kemungkinan meresepkan sampo yang lebih kuat atau menyarankan perawatan steroid tambahan untuk mengurangi radang dan rasa gatal sekaligus.
·         Beberapa orang berhasil mengatasi ketombe setelah menggunakan dua sampo yang berbeda, menggunakan salah satunya sampo di setiap kali mandi.[14]

6
Kurangi frekuensi keramas Anda setelah kondisi Anda membaik, atau setelah dua minggu. Setelah kondisi Anda membaik, kurangi penggunaan sampo anti ketombe Anda 2 - 3 kali seminggu, atau bahkan lebih jarang lagi jika Anda bisa menjaga ketombe Anda tidak muncul kembali. Setelah ketombe berat hilang, Anda tidak perlu menggunakan sampo tersebut setiap hari. Jika Anda menggunakan sampo resep, kurangi frekuensi penggunaanya atau hentikan penggunaannya setelah 2 minggu, atau akan ada efek samping yang mungkin Anda alami. [15]

7
Konsultasikan dengan dokter jika masalah Anda tidak membaik dalam beberapa minggu. Jika Anda tidak puas dengan hasil yang Anda dapatkan setelah beberapa minggu perawatan sendiri, konsultasikanlah dengan dokter. Ketombe jarang menyebabkan masalah fisik, tetapi jika Anda ingin menghilangkannya karena alasan pribadi, dokter mungkin akan meresepkan obat yang lebih kuat. Untuk kasus sangat yang berat, isotretinoin mungkin akan diresepkan untuk Anda, tetapi bahan ini juga dapat menyebabkan efek samping yang serius, sehingga hanya digunakan sebagai pilihan terakhir.

8
Cobalah perawatan rumahan. Jika perawatan ketombe dengan obat-obatan tidak berhasil, carilah bahan-bahan dan perawatan yang menggunakan bahan dapur. Cara ini mungkin belum terbukti secara ilmiah, tetapi beberapa orang berhasil menggunakannya. Jika kulit kepala Anda menjadi lebih kering, gatal atau kemerahan, hentikan perawatan Anda segera.
Iklan
Tips
·         Produk perawatan rambut terkadang bisa menyebabkan atau memperparah ketombe, atau kerusakan rambut yang mirip dengan ketombe. Cobalah ganti produk perawatan rambut atau hentikan penggunaannya selama beberapa hari untuk melihat pengaruhnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲