Cara Berkonsentrasi pada Pelajaran Anda

| Jumat, 13 Februari 2015
Kesulitan berkonsentrasi? Jangan khawatir – hal ini terjadi bahkan pada siswa-siswa terbaik. Mungkin Anda hanya harus mengubah sedikit cara belajar Anda, mencoba teknik baru, atau memulai rencana belajar yang efektif yang memperbolehkan pikiran Anda beristirahat sesering mungkin. Dengan persiapan yang tepat, berkonsentrasi bukan hal susah.



Bagian 1 dari 3: Menciptakan Lingkungan untuk Berkonsentrasi

1
Pilihlah lokasi yang tepat. Anda akan menginginkan ruangan yang sepi dan bebas gangguan untuk berkonsentrasi. Hal ini harus jauh dari televisi, binatang peliharaan, gangguan atau apapun yang mudah mengganggu Anda. Terlebih, Anda akan butuh tempat duduk yang nyaman dan pencahayaan yang baik. Jangan biarkan punggung, leher atau mata tegang – karena rasa sakit juga merupakan bentuk gangguan.
·         Misal, jangan belajar di depan TV; Anda hanya akan melakukan pekerjaan rumah pada waktu iklan. Nontonlah TV atau radio hanya saat beristirahat sebentar sama halnya dengan rehat sesaat untuk mengambil air untuk minum.
·         Duduk di kursi depan meja saat belajar. Jangan belajar di tempat tidur, kecuali mungkin jika duduk di tempat tidur dengan lampu yang sangat terang di bagian belakang. Meski demikian, jangan meringkuk di balik selimut – Anda hanya akan jatuh tertidur. Terlebih lagi, Anda akan mulai mengasosiasikan tempat tidur dengan belajar, dan hal ini pastinya ingin Anda hindari.
Iklan

2
Siapkan segala sesuatunya untuk belajar. Pensil dan pena, stabilo atau buku harus berada pada jangkauan tangan Anda sehingga Anda tidak terganggu saat belajar. Siapkan area dengan rapi, untuk membantu merapikan pikiran Anda juga. Tidak ada alasan untuk bangkit dan mengganggu Anda yang tengah “berada dalam zona”.
·         Jikapun Anda tidak yakin membutuhkannya, hal ini harus ada dalam “area belajar” Anda. Semua buku pelajaran, catatan, bahan pelajaran (silabus misalnya) harus berada pada jangkauan tangan. Hal ini penting untuk menyiapkan kesuksesan.

3
Siapkan cemilan dekat Anda. Cobalah untuk menjaganya tetap sederhana, seperti kacang, buah-buahan atau cokelat. Siapakan pula air putih – jangan minum terlalu banyak kopi, teh yang berkafein atau minuman berenergi (Anda akan terbangun sepanjang malam). Hal ini dapat membuat Anda sangat capai – dan mencubit atau menampar-nampar muka Anda tidak akan membantu.
·         Mencari “makanan super”? Penelitian menyatakan bahwa blueberry, bayam, jeruk squash, brokoli, cokelat gelap (hitam) dan ikan adalah makanan yang menyokong otak dan membantu Anda dalam belajar. [1]
4
Tulislah tujuan belajar Anda. Misal untuk hari ini, apa yang ingin (butuh) Anda raih? Apa yang harus Anda lakukan untuk bisa menyelesaikan dengan perasaan puas telah melakukannya? Inilah tujuan Anda, dan hal ini bisa membuat Anda lebih giat bekerja selama jam belajar.
·         Pastikan tujuan ini bisa dicapai. Misal jika Anda harus membaca 100 halaman minggu ini, pecahlah menjadi 20 halaman per hari – jangan membuat tujuan yang tidak bisa dicapai. Ingat akan keterbatasan waktu Anda juga. Jika Anda hanya memiliki satu jam bebas malam ini, apa yang paling penting untuk dilakukan?

5
Pastikan telepon genggam dan alat elektronik lainnya mati. Hal ini dapat mengurangi godaan untuk mengerjakan hal lain, dan Anda bisa fokus pada rencana Anda. Hanya gunakan komputer jika benar-benar membutuhkannya untuk pelajaran; jika tidak, komputer hanya risiko yang tidak perlu. Demikian pula dengan telepon genggam – matikanlah wi-fi atau koneksi internet, kecuali jika Anda membutuhkannya untuk keadaan darurat.
·         Ada beberapa laman dan aplikasi untuk mengeblok, semacam SelfRestraints, SelfControl dan Think yang dapat mencegah Anda mengakses beberapa website dan software yang sulit untuk ditolak.[2] Mengertilah diri Anda sendiri, dan jika Anda butuh Facebook untuk diblok selama beberapa jam. Jangan khawatir – hal ini bisa dibuka kembali.

6
Pertimbangkan untuk menyalakan musik dengan pelan. Untuk beberapa orang, musik bisa menambah konsentrasi. Untuk orang lain, tidak. Cobalah dan lihat apa yang bekerja dengan baik untuk Anda. Sesuatu di bagian latar belakang bisa membuat Anda lupa bahwa Anda tengah belajar dan bisa membuat Anda merasa tengah bersenang-senang.
·         Musik yang cocok untuk belajar kemungkinan berbeda dari musik yang sehari-hari Anda sukai. Coba-cobalah mendengarkan musik yang berbeda aliran untuk melihat apakah ada musik yang enak untuk Anda dengar untuk belajar.
Bagian 2 dari 3: Tetap Fokus

1
Buat Jadwal. Jika malam ini akan panjang untuk belajar, buatlah rencana. Cobalah bekerja tiap 30-60 menit dengan 5-10 menit istirahat di antaranya untuk membiarkan otak beristirahat dan mengisi ulang energi. Ini bukanlah malas – ini adalah membiarkan otak Anda mengolah informasi.[3]
·         Cobalah mengubah mata pelajaran tiap jam juga, karena dapat mencegah kebosanan dan membuat pikiran lebih cemerlang. Terlalu banyak dari satu mata pelajaran dan otak Anda akan berada dalam kondisi auto-pilot. Mata pelajaran baru dapat membuka pikiran dan menambah motivasi Anda.
2
Kesampingkan pikiran untuk mengkhawatirkan hal lain. Terkadang sulit untuk belajar karena dunia nyata terus masuk ke dalam pikiran kita, baik yang buruk maupun yang baik. Kita berpikir bahwa kita tidak mampu mengontrol pikiran, tapi sesungguhny akita bisa. Katakan pada diri Anda sendiri bahwa Anda akan memikirkan masalah tersebut (atau orang yang Anda taksir) saat selesai belajar. Anda akan sedikit terhibur mengetahui bahwa akan ada waktu untuk memikirkannya nanti. Dan jika waktu itu tiba, kemungkinan Anda merasa sudah tidak perlu memikirkannya lagi.
·         Jika Anda merasa pikiran Anda mulai ke mana-mana, berhentilah. Ambilah waktu untuk menghilangkannya dan mulai lagi dengan material yang bersangkutan. Anda adalah pemimpin pikiran Anda. Anda yang memulainya, Anda pula yang bisa memintanya untuk berhentinya.
3
Beralihlah dengan bagaimana Anda belajar. Misalkan, Anda baru selesai membaca 20 halaman pada buku. Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah melompat ke 20 halaman pada buku yang lain. Sebaliknya, buatlah kuis dengan kartu-kartu jawaban. Buatlah beberapa bagan untuk mengingat data-data ekonomi yang dibutuhkan. Dengarkan ulang kaset pelajaran Bahasa Perancis Anda. Belajarlah dengan melibatkan keterampilan dan bagian yang berbeda dari otak Anda. Anda pun akan lebih tidak bosan.
·         Akan lebih mudah pula bagi otak Anda untuk memproses. Mengalihkan pada beberapa keterampilan lain dapat membantu otak Anda memproses informasi dengan lebih cepat dan mengingatnya.[4] Waktu akan berjalan lebih cepat “dan” Anda akan mengingat lebih baik. Cek dan cek!

4
Beri penghargaan pada diri sendiri. Sesekali kita butuh memberi hadiah kecil agar kita terus mau belajar. Jika nilai baik bukan penghargaan yang cukup, cobalah hal lain yang dapat meneruskan konsentrasi Anda pada pelajaran. Mungkin permen atau waktu bermalas-malasan depan tv? Pergi berbelanja? Pijat atau tidur siang? Apa yang bisa membuat waktu belajar Anda layak untuk dilakukan?
·         Jika bisa, libatkan orangtua Anda. Apakah mereka bisa membantu Anda dengan menyediakan insentif atau hadiah? Mungkin dengan mendapatkan nilai yang lebih baik mereka bisa membebastugaskan Anda dari pekerjaan rumah yang Anda benci atau menambah uang saku Anda. Tanyakan pada mereka apakah mereka mau menyediakan penghargaan – tidak ada salahnya mencoba bertanya.
5
Ulangi kembali, jika perlu. Pernahkah Anda harus mengisi berkas tapi tidak mengerti apa yang diminta? Hal ini bisa seperti belajar. Sadari kapan Anda harus kembali mengulangi dan membuatnya lebih mudah. Jika Anda tidak mengerti dasarnya, jangan mencoba mengatasi isinya. Urailah terlebih dahulu.
·         Jika muncul pertanyaan, “Apakah pendirian George Washington pada Boston Tea Party?” Akan lebih membantu untuk mengetahui siapa George Washington. Ketahuilah hal itu terlebih dahulu dan “barulah” lanjutkan ke konten pertanyaan yang diminta.
6
Buatlah belajar menjadi lebih aktif. Para guru mengerti itu, tapi mereka jarang mengatakannya: membaca bisa membosankan, terutama jika Anda tidak menyukai topiknya. Untuk membuat belajar Anda lebih efektif dan mempermudah konsentrasi, gunakan teknik membaca dengan aktif. Hal ini bisa menjaga otak Anda untuk mengembara dan memastikan nilai Anda bagus. Ini adalah beberapa ide:[5]
·         Tanyakan pertanyaan pada diri Anda saat membaca
·         Alihkan pandangan dari halaman dan rangkumlah keras-keras apa yang Anda baca
·         Buatlah catatan mengenai karakter, plot atau kejadian yang dijelaskan
·         Buatlah kuis saat Anda membaca untuk digunakan nanti
7
Nyalakan internet sebentar lalu matikan lagi. Gunakan sebaiknya waktu istirahat. Masuklah ke Facebook, nyalakan telepon, lakukan apa yang ingin Anda lakukan – tapi hanya untuk beberapa menit. Keluarkan dari sistem Anda dan kembalilah belajar. Anda akan merasa lebih “tersambung” dan “normal” meski hanya untuk beberapa saat.
·         Sesi 'isi ulang' ini dapat meningkatkan kemampuan fokus Anda. Anda pikir hal ini dapat mengganggu dan menyelewengkan Anda dari tujuan, namun sesungguhnya bisa membuat Anda menyelesaikan lebih banyak hal. [6] Tentu jika waktu istirahat ini digunakan secara bijak.
Bagian 3 dari 3: Mempermudah Berkonsentrasi
1
Dengarkan tubuh Anda. Pada dasarnya kita semua memiliki waktu dengan energi-tinggi dan super energi rendah tiap harinya. Kapankah waktu Anda? Jika bisa, belajarlah saat waktu energi-tinggi. Anda bisa fokus dengan lebih baik dan menjaga pengetahuan yang dimasukkand alam otak. Waktu yang lain hanya akan menjadi perjuangan yang sulit.
·         Untuk beberapa orang, hal ini adalah di pagi hari saat mereka masih penuh dengan energi. Untuk orang lain, mereka baru bisa bekerja di malam hari saat tubuh baru terpompa. Yang manapun Anda, dengarkan tubuh Anda dan belajarlah pada saat itu.
2
Tidur yang cukup. Tidur memiliki manfaat yang tak terbatas. Tidak hanya hormon Anda lebih teratur dan informasi lebih terolah, namun juga membantu Anda menyiapkan selongsong senjata Anda untuk esok hari. Karena, mencoba fokus saat terlalu lelah sama saja dengan mencoba fokus sembari mabuk. [7] Jika Anda kesulitan berkonsentrasi, mungkin inilah mengapa.
·         Kebanyakan orang butuh waktu 7-9 jam tidur tiap malam. Beberapa orang lebih banyak, dan beberapa lebih sedikit. Berapa jam yang Anda butuhkan untuk tidur tanpa alarm? Cobalah untuk mendapatkan angka tersebut tiap malam dengan tidur lebih awal dari biasanya.

3
Makan yang sehat. Jika Anda memakan makanan sehat, pikiran Anda akan sehat juga. Cobalah untuk memakan yang kaya dan sehat – sayur dan buah-buahan, serat-serat, daging yang rendah lemak, susu, kacang (bukan chips/gorengan atau permen yang menggemukkan), dan lemak baik, seperti yang terdapat pada cokelat hitam dan minyak zaitun. Diet yang sehat bisa membuat Anda lebih berenergi dan lebih mudah berkonsentrasi menghadapi tes. [8]
·         Hindari makanan seperti roti putih, kentang, tepung, lemak dan gula. Mereka bisa membuat Anda lelah di kelas atau saat belajar.

4
Kendalikan pikiran Anda. Anda adalah motivasi Anda sendiri. Jika Anda meyakinkan diri Anda bahwa Anda bisa fokus, Anda pasti bisa. Cobalah berpikir positif: Anda bisa melakukannya; dan Anda “akan” melakukannya. Tidak ada yang menghentikan Anda kecuali Anda sendiri.
·         Cobalah “Rumus-lima-lagi”. Katakan pada diri Anda untuk melakukan lima hal lagi atau lima menit lagi sebelum berhenti. Saat Anda sudah menyelesaikannya, “lakukan lima lagi”. Memilah-milah tugas menjadi bagian yang lebih kecil akan mempermudah mereka yang memiliki keterbatasan konsentrasi dan bisa membuat pikiran berjalan lebih jauh.

5
Lakukan tugas yang paling tidak menyenangkan terlebih dahulu. Selama masih segar, Anda bisa melakukan dengan kekuatan konsentrasi yang masih tinggi. Lakukan hal yang paling kritis dan konsep yang paling dalam sebelum melakukan tugas-tugas kecil yang lebih mudah. Jika Anda memulai dengan yang mudah, Anda akan memikirkan dan mengkhawatirkan tugas yang lebih susah sepanjang waktu, dan hal ini bisa mengurangi produktivitas dan kemampuan fokus.
·         Dengan demikian. Hindari menghentikan diri Anda sendiri saat membaca, saat terjebak atau kesulitan menghadap pertanyaan atau masalah sukar. Terkadang tugas yang paling tidak menyenangkan akan sangat menghabiskan waktu dan bisa menghabiskan seluruh waktu Anda. Jadi cobalah batasi waktu Anda dan atur diri sendiri untuk lanjut ke hal-hal yang lebih mudah jika benar-benar perlu.
Tips
·         Garisbawahi kata-kata dan kalimat penting, dan tinjau berulang kali agar mereka melekat pada pikiran Anda. Tutup buku, dan katakan ulang secara keras atau tulis pada kertas.
·         Buatlah tugas tiap hari untuk melihat apakah Anda menyelesaikan pekerjaan pada waktu yang ditentukan.
·         Tentukan kebiasaan belajar seperti membaca ulang catatan atau halaman sebelumnya pada buku pelajaran.
·         Pikir bahwa Anda bisa mendapatkan nilai tertinggi dan bahwa Anda bisa melakukannya. Lupakan segala sesuatu dan lihat buku Anda. Jangan hanya menghafalnya, tapi mengertilah isinya.
·         Persistensi (pantang menyerah) adalah rahasia pada tujuan medium dan jangka panjang, asahlah bakat (raihlah apa yang Anda inginkan pada lebel yang lebih tinggi: mulailah mengasah kemampuan Anda, inginkanlah hal itu dan lakukan untuk membentuk bakat dan kemampuan Anda)
·         Membantu pula untuk memikirkan jika Anda gagal pada ujian dan mendapatkan nilai “F” atau di bawah 60. Ingatlah hal ini untuk membantu Anda bekerja lebih baik.
·         Cemilan alternatif. Misalnya buah-buahan, sedikit makanan, minum jus yang didinginkan, air dan lain0-lain untuk menghilangkan rasa lapar –untuk membantu Anda tetap bangun, kenyang dan ingin terus bekerja.
·         Tetapkan tujuan terjadwal dan bekerja menggunakannya. Selalu ingat: “Apa yang Anda percayai, bisa Anda raih.” Mimpi (atau harapan) Anda dapat terwujud dengan menetapkan tujuan dan mencapai “harapan” selangkah demi selangkah (sekolah, kerja, keluarga). Bermimpilah mengenai kemungkinan masa depan Anda!
·         Pikirkan mengenai hal (baik) lain yang akan Anda lakukan segera setelah menyelesaikan tugas utama, menunda tujuan jangka pendek yang menyenangkan untuk mencapai tujuan yang lebih jangka panjang, cita-cita yang lebih besar (mimpi/dan hidup yang lebih baik)
·         Beberapa perpustakaan universitas tetap membuka area jajan mereka bagi mahasiswa dan buka lebih lama/sepanjang malam untuk membantu mahasiswa saat ujian akhir


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲