Cara Melegakan Dada yang Sesak

| Sabtu, 14 Februari 2015
Dada sesak tidak hanya membuat Anda merasa tidak nyaman dan terasa tidak menyenangkan, tetapi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya seperti bronkitis atau pneumonia jika tidak dihilangkan. Merupakan langkah yang bijaksana bagi Anda untuk melakukan semua hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan dan menghilangkan dada sesak tersebut sebelum kondisinya bertambah parah. Artikel ini akan membantu Anda untuk mempelajari cara menghilangkan dada sesak menggunakan metode standar yang sesuai dengan akal sehat, dengan obat herbal atau homeopati dan, jika perlu, dengan pengobatan medis.



Metode 1 dari 5: Obat Tanpa Resep Dokter
1
Minum ekspektoran. Ekspektoran adalah obat yang memecah lendir dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan dari tubuh Anda melalui batuk. Ada banyak ekspektoran tanpa resep dokter yang dijual di toko obat, tetapi Anda juga bisa pergi ke dokter untuk mendapatkan obat resep.
·         Ekspektoran tidak aman untuk anak-anak di bawah usia enam tahun, jadi konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan obat pengganti yang aman bagi anak-anak.
Iklan

2
Hindari supresan. Supresan digunakan untuk mengurangi batuk, tetapi sayangnya obat ini dapat mengentalkan lendir di dada Anda. Hindari minum supresan atau campuran dari supresan dengan ekspektoran, karena dapat memperparah dada sesak Anda. Ingatlah bahwa batuk adalah kondisi yang normal dan sehat ketika Anda mengalami dada sesak, jadi Anda tidak perlu mengurangi/menghentikannya.
·         Jika batuk yang Anda alami benar-benar membuat Anda merasa tidak nyaman, cobalah minum obat batuk jahe sebagai pengganti suppresan. Jahe akan membantu memecah lendir sedangkan obat batuk akan membantu meringankan rasa nyeri di tenggorokan.

3
Obati dada sesak dengan krim mentol. Krim yang kental ini mengeluarkan aroma yang kuat yang membantu agar Anda bisa bernapas dengan lebih mudah. Meskipun mungkin tidak membantu memecah lendir, krim ini akan membuat Anda bisa bernapas dengan lebih mudah. Oleskan obat tanpa resep ini di dada Anda sebelum Anda tidur dan obat ini pun akan membuka jalan pernapasan Anda.[1]
Metode 2 dari 5: Bantuan Medis

1
Pergilah ke dokter untuk mendapatkan obat resep. Jika gejalanya tidak membaik dengan menerapkan salah satu metode di atas, tanyakan pada dokter apakah Anda bisa mendapatkan suntikan antibiotik, semprot hidung, pil atau terapi vitamin untuk menghilangkan dada sesak yang dalam atau membandel. Seperti pepatah lama yang mengatakan bahwa lebih baik mencari aman daripada menyesal kemudian.

2
Gunakan inhaler. Tanyakan kepada dokter tentang inhaler atau nebulizer (pengencer dahak) apakah obat-obatan tersebut dapat Anda gunakan untuk menangani masalah pernapasan Anda. Obat-obatan ini terutama diperlukan untuk kasus-kasus dada sesak yang parah, tetapi jika Anda sedang sakit dan sudah bosan berurusan dengan lendir, Anda dapat mencoba salah satu dari obat itu setiap saat.
Metode 3 dari 5: Makanan

1
Hindari makanan yang bermasalah. Meskipun makanan tampaknya tidak punya hubungan dengan lendir dan dahak, ternyata ada korelasi antara keduanya. Produk-produk susu, garam, gula, dan makanan yang digoreng meningkatkan produksi lendir. Singkirkan bahan-bahan tersebut dari daftar makanan Anda sampai dada sesak Anda hilang.

2
Makanlah makanan yang bermanfaat. Di sisi lain, ada makanan tertentu yang dapat membantu membersihkan lendir di dada Anda dan mengurangi produksinya. Makanlah makanan pedas, jeruk, bawang putih, dan jahe untuk mempermudah penyembuhan dada sesak Anda. Secara khusus, asparagus dan nanas juga telah terbukti memiliki manfaat untuk membersihkan dada.
3
Cobalah campuran dari bawang putih dan air perasan lemon. Kedua bahan ini dapat membantu menghilangkan dada sesak.
·         Tambahkan jus dari 3 buah lemon pada satu cangkir air yang sangat panas.
·         Haluskan 1-2 siung bawang putih. Tambahkan bahan ini ke air panas tersebut.
·         Tambahkan beberapa jumput garam dan lada hitam halus dalam jumlah banyak.
·         Telan campuran tadi dan Anda akan merasa lebih baik dengan segera.
Metode 4 dari 5: Minuman

1
Jagalah agar Anda tidak kekurangan cairan. Minum banyak air putih ketika Anda sakit adalah suatu keharusan, tetapi terutama untuk membantu menghilangkan dada sesak Anda. Jika Anda tidak minum cukup cairan akan menyebabkan lendir di dada dan tenggorokan Anda menggumpal dan mengental, yang membuatnya menjadi semakin lengket dan sulit dikeluarkan. Minumlah air putih (sebaiknya air hangat) di sepanjang hari untuk mengurangi lendir di tubuh Anda.

2
Minumlah seduhan herbal. Cairan yang panas secara umum membantu melarutkan lendir yang menyebabkan dada sesak, tetapi seduhan herbal memberi pukulan ganda dengan menambahkan herbal dan rempah-rempah bermanfaat yang bisa meringankan rasa nyeri dan sesak di dada. Seduh satu cangkir peppermint, jahe, chamomile, rosemary, atau teh ginseng dan minumlah beberapa kali sehari. Tambahkan sedikit madu untuk memberi rasa manis dan kekuatan tambahan untuk memerangi lendir.
3
Buatlah seduhan herbal untuk melegakan dada sesak. Tambahkan sedikit kunyit pada secangkir susu. Aduk dan panaskan ramuan itu. Tambahkan satu sendok teh madu dan beberapa tetes jus lemon. Minumlah ketika masih panas dan aduk setiap beberapa menit.Templat:fact
Metode 5 dari 5: Tindakan yang Bermanfaat

1
Berkumur. Berkumur bukanlah tindakan yang selalu menarik, tetapi tindakan ini membantu memecah lendir di saluran napas Anda. Campurlah setengah cangkir air hangat dengan 1-2 sendok makan garam, dan sejumput kunyit. Aduk campuran ini untuk melarutkan garamnya, lalu teguklah dalam jumlah besar tetapi jangan ditelan. Berkumurlah dengan larutan ini di bagian terbawah dari tenggorokan Anda selama 1-2 menit, 3-4 kali sehari.

2
Lakukan penguapan. Mirip dengan meminum cairan panas, panas dan kelembaban dari uap membantu memecah dan melarutkan lendir di dalam di paru-paru dan tenggorokan Anda. Lakukan mandi air panas, atau isilah sebuah mangkuk dengan air yang sangat panas. Tempatkan wajah Anda di atas mangkuk dan lilitkan handuk di atas kepala Anda agar uap panasnya terperangkap. Tahan wajah Anda di sana selama mungkin, dan bernapaslah dengan dalam ketika Anda melakukannya.
·         Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes peppermint atau minyak kayu putih, yang dapat membantu memecah lendir.

3
Tinggikan kepala Anda. Tip ini berlaku terutama ketika Anda tidur; Meninggikan kepala akan membantu meningkatkan pembuangan lendir, untuk mencegah penimbunan lendir di malam hari. Gunakan beberapa bantal untuk mencoba dan membuat kepala Anda terangkat sedikit lebih tinggi dari tubuh Anda.

4
Lakukan sedikit yoga. Latihan mungkin adalah hal terakhir yang ada di pikiran Anda ketika Anda sakit, tetapi posisi yoga tertentu dapat membantu membuka saluran napas dan mengeluarkan lendir. Cobalah pose reclining bound angle, yaitu dengan meletakkan bantal/guling di sepanjang tulang belakang Anda di atas lantai. Berbaringlah di atas bantal sehingga badan/kepala Anda lebih tinggi dari kaki Anda, lalu tekuklah lutut Anda. Hamparkan lutut/kaki Anda secara mendatar di atas lantai dengan lutut tetap ditekuk dan kedua telapak kaki Anda saling bersentuhan.
·         Pertahankan pose ini selama 10-15 menit untuk hasil terbaik. [2]

5
Cobalah koyo panas. Menempelkan koyo panas atau kain panas beruap pada tenggorokan dan dada Anda akan membantu meringankan dada sesak dan menghangatkan saluran udara eksternal. Berbaringlah dengan kepala ditinggikan, dan biarkan panasnya meresap melalui kulit Anda selama 10-15 menit. Mungkin akan membantu jika Anda menindaklanjuti langkah ini dengan treatment uap untuk mengeluarkan lendir cair dari tubuh Anda.
Iklan
Tips
·         Jika ada lendir yang keluar ketika Anda batuk (berarti itu adalah batuk produktif) maka jangan minum antihistamin karena hal ini bisa membuat lendir keluar dalam keadaan kering dan sulit dikeluarkan. Beberapa obat batuk mengandung antihistamin jadi pastikan obat Anda tidak mengandung antihistamin dan bacalah kemasannya. Keluarnya lendir yang berwarna kuning atau hijau terang adalah hal yang sangat normal jika Anda terserang flu atau pilek. Tetapi, jika memiliki warna yang lain, pergilah ke dokter.
·         Ketika sedang mandi uap, mintalah seseorang untuk menepuk punggung Anda di sekitar area paru-paru. Tepukan tersebut akan melonggarkan lendir, sehingga lendir akan lebih mudah dikeluarkan.


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲