Cara Cepat Menyembuhkan Pilek

| Sabtu, 14 Februari 2015
Meskipun bukan virus yang cukup serius, pilek bisa menyengsarakan anda dan tidak ada lagi yang diinginkan selain kesembuhan. Sayangnya tidak ada “obat” untuk pilek selain waktu. Namun terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala dan memperpendek durasi pilek. Lihat Langkah 1 untuk gambaran menyeluruh panduan menyembuhkan pilek yang paling popular, efektif dan cepat.
Bagian 1 dari 4: Pengobatan Di Rumah
1
Pengobatan Coining atau “Gua Sha”. Metode ini merupakan cara tercepat dan terbaik untuk menyingkirkan pilek. Gua Sha atau coining dibaca “gwa shaw” adalah pengobatan medis kuno. Terdiri dari dua kata Gua bermakna mengerik dan Shabermakna pasir. Tidak lumrah dipraktikkan di Barat karena tidak banyak penelitian mengenai hal ini dan dikatakan dapat menyebabkan ruam tetapi sebenarnya bukan ruam melainkan memar pada bagian bawah kulit. Gua Sha intinya mengedarkan darah yang tersendat disebabkan asam laktat. Walaupun prosesnya tidak menyenangkan, Saya secara pribadi sudah membuktikannya sejak usia lima tahun dan tidak pernah menderita pilek lebih dari 3 hari. (4 atau 5 termasuk kasus yang sangat langka) Gambaran metodecoining mungkin tidak terlalu bagus tetapi percayalah TIDAK seburuk itu.
·         TOLONG PAHAMI BAHWA INI BUKAN UNTUK INFLUENSA atau penyakit apapun yang disebabkan virus atau bakteri. Metode ini hanya berlaku untuk pilek yang disebabkan kegiatan sehari-hari seperti kelelahan, terlambat tidur dan sebagainya. Pilek yang disebabkan mikroorganisme adalah influensa. Jika kulit anda sakit ketika disentuh perlahan lupakan coining, anda sedang menderita influensa.
·         Jika Anda merasa sakit yang aneh ketika melakukan coining, ini merupakan hal yang normal. Sakitnya akan hilang setelah 2 sampai 5 menit pengerikan. Hilangnya rasa sakit menandakan anda melakukannya dengan benar dan pilek akan membaik. Hal ini juga menandakan bagian kulit tadi sudah selesai dan harus berlanjut ke bagian lain. Sekarang saatnya melihat caranya.
Iklan
2
Tentukan bagian tubuh anda yang memiliki sirkulasi darah kurang lancar.Tekan otot-otot untuk merasakan ketegangan, gumpalan atau simpulan. Ketika anda melepaskan tekanan dari bagian yang tersendat akan nampak bagian pucat yang perlahan kembali pada warna asalnya. Ini pertanda sirkulasi yang kurang baik. Tanda lain adalah bagian itu terasa seperti, bukan dingin yang normal seperti sehabis perang bola salju tetapi dingin yang tidak nyaman jika disentuh.
3
Oleskan minyak kulit pada area tadi. Balsam, minyak pijat dan kebanyakan minyak yang tidak cepat menguap bisa digunakan. Meminyaki kulit akan mengurangi kemungkinan menggores kulit. Apabila kulit Anda lembut seperti bayi, gunakan lebih banyak minyak.
4
Gunakan sendok sup, koin atau tutup botol dengan tepi yang halus. Jangan gunakan alat-alat plastik sebagai pengerik, anda tidak ingin memarut kulit bukan?
5
Letakkan alat pada bagian yang bermasalah, kerikan harus kuat tekanannya dan sama kecepatannya. Namun jangan mengerik terlalu kuat untuk mencegah kulit terluka.
·         Setiap kerikan harus sepanjang 8 hingga 10 cm, ulangi 10-30 kali sampai kulit nampak hangat dan tidak lagi menunjukkan tanda-tanda berwarna.
·         Kerik dengan gerakan ke bawah atau ke luar dari bagian tengah badan.
·         Hindari menggunakan gerakan maju mundur karena bisa melukai kulit.
·         Jangan mengerik bagian tulang badan yaitu tepat di atas tulang belakang dan jangan melakukan coining ketika kipas atau AC berhembus tepat mengenai Anda; tutup bagian yang dikerik secepatnya dengan handuk untuk mencegah terkena udara dingin.
·         Jika kulit Anda tidak menampakkan tanda bintik apapun, lanjutkan ke bagian lain, tidak ada yang salah dengan sirkulasi darah di bagian tersebut. Namun jika muncul beberapa bintik kecil walaupun tidak terlalu dekat satu sama lain lanjutkan hingga tidak muncul lagi tanda baru.
6
Cari penyebab pilek Anda. Bintik-bintik merah atau yang paling sering muncul mengindikasikan pelepasan racun normal disebabkan terlambat tidur, terlalu letih dan hal normal lainnya. Darah yang sangat tua dan stagnan menimbulkan warna ungu. Hijau gelap menandakan darah stagnan dan racun. Cahaya hijau yang berubah merah menandakan gejala sakit atau stagnan. Ingat bahwa ini adalah kondisi negatif yang dilepaskan serta tanda-tanda penyembuhan.
7
Anda sudah selesai! Ingat untuk menanggung malu menjadi zebra merah atau okapi di sekolah. Inilah salah satu sebab diciptakan baju turtleneck. Tandanya akan hilang sempurna dalam 2 sampai 3 hari. Jangan mengerik teman, anak kecil atau siapapun di depan publik, mereka akan melihatnya sebagai penyiksaan. Petunjuk lainnya tonton YouTube untuk gambaran yang lebih jelas.
Bagian 2 dari 4: Melegakan Sinus Anda

1
Gunakan pengobatan uap. Uap sangat berguna untuk melegakan kepala . Panas dari uap mengencerkan lendir sementara kelembapan air melegakan saluran hidung yang kering.[1] Use steam in one of the following ways:
·         Mandi air panas. Ya, walaupun malas, jangan lewatkan mandi harian karena hal ini dapat membantu penyembuhan pilek lebih cepat. Nyalakan air dengan temperatur sepanas mungkin yang sanggup Anda rasakan dan biarkan kamar mandi menguap sebanyak mungkin. Apabila panasnya menyebabkan Anda lemas atau pusing, pertimbangkan untuk meletakkan kursi plastik atau bangku ke dalam kamar mandi.
·         Berendam dengan air panas. Berendam air panas dapat menyembuhkan pilek – tidak hanya pada saat hidung tersumbat tapi juga untuk relaksasi dan disebabkan panasnya. Sekali lagi cobalah untuk menggunakan air sepanas mungkin. Jika Anda memutuskan untuk mencuci rambut (baik dengan berendam atau pancuran) jangan lupa mengeringkan rambut seluruhnya karena rambut yang lembab dapat menghilangkan panas tubuh, ini tidak baik pada saat menderita pilek.
·         Alternatif lain, lakukan uap wajah dengan merebus air pada wadah kemudian letakkan wajah Anda di atas air yang menguap dan gunakan handuk di atas kepala untuk menjaga uap. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial pelega sinus (seperti tea tree atau pepermin) untuk memaksimalkan manfaatnya.
·         Minum espektoran. Espektoran obat tanpa resep yang meringankan sinus dengan mengurangi lendir serta mengencerkan dahak. Obat ini akan memudahkan Anda bernapas dan merasa lebih nyaman. Kemudian juga menghilangkan lendir dari saluran pernapasan sehingga mengurangi batuk.

·         Espektoran dijual di farmasi, biasanya dalam bentuk cair akan tetapi ada juga dalam bentuk tablet atau serbuk. Tanya ahli farmasi apa yang sesuai untuk Anda.
·         Hati-hati, ekspektoran sebagaimana obat-obatan lain memiliki banyak efek samping. Yang paling umum adalah mual, muntah dan ngantuk. Apabila Anda mengalami gejala ini, hentikan penggunaan obat.[2]
2
Buang ingus jika perlu. Merupakan hal yang wajar apabila kita ingin membuang ingus sewaktu hidung dipenuhi lendir akan tetapi berhati-hati jangan berlebihan. Membuang ingus dapat melegakan saluran hidung disebabkan lendir berlebihan akan tetapi melakukannya terlalu kuat atau terlalu sering dapat menyebabkan efek buruk.
·         Bahkan para ahli mengatakan bahwa mengeluarkan ingus dengan menghembuskannya dapat menyebabkan penumpukan tekanan disebabkan lendir yang terperangkap. hal ini dapat menimbulkan infeksi.[3] Anda dapat menghindari hal tersebut apabila hanya menghembus lendir dari hidung pada saat amat diperlukan, dan dengan menggunakan cara yang benar.
·         Cara menghembus hidung yang benar adalah menutup salah satu lubang dengan satu jari kemudian hembus perlahan untuk melegakan lubang lainnya. Proses yang sama kemudian dilakukan pada bagian lainnya. Pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun antibakteri untuk mencegah penyebaran virus.[4]
·         Hindari hidung lecet disebabkan penghembusan secara terus menerus dengan menggunakan sapu tangan kapas yang lembut serta mengoleskan sedikit minyak ter untuk melembabkan dan melumaskan lubang hidung.

3
Coba Gunakan neti pot. Neti pot adalah metode untuk melegakan saluran hidung yang mulai populer beberapa tahun ini. Metode ini menggunakan cairan garam untuk mengencerkan dan mengalirkan lendir ke luar dari saluran hidung.
·         Neti pot adalah teko dari keramik atau tanah liat yang berbentuk lonjong dan dapat dibeli di toko makanan atau obat. Meskipun begitu, Anda dapat menggunakan botol atau wadah apa pun dengan moncong yang mengecil di ujung.
·         Cairan garam yang dituang ke dalam neti pot juga dapat dibeli di toko kesehatan atau obat. biasanya dijual khusus dalam bentuk serbuk, hanya perlu ditambahkan air. Namun, Anda juga dapat membuat cairan garam sendiri dengan mencampurkan garam kosher setengah sendok te ke dalam secangkir air.
·         Cara menggunakan neti pot cukup dengan mengisinya dengan cairan garam tadi dan memiringkan kepala pada satu sisi (di atas wastafel). Masukkan moncong pada salah satu lubang hidung dan alirkan air. Cairan tersebut harus mengalir pada satu lubang hidung dan ke luar dari lubang lainnya. Hembuskan hidung Anda perlahan kemudian ulangi proses pada sisi lain.[5]

4
Minum minuman hangat. Tidak ada yang lebih menenangkan selain minuman panas ketika kita sedang mengalami pilek. Namun selain faktor kenyamanan, minuman hangat dapat melegakan saluran hidung dan menyembuhkan sakit tenggorokan, menjadikannya obat penghilang pilek yang sempurna.
·         Teh-teh herbal seperti kamomil dan pepermin adalah pilihan tepat karena efeknya melegakan dan menyebabkan hidrasi. Teh dan kopi juga dapat menceriakan jika Anda merasa pening tapi tidak terlalu baik untuk hidrasi.
·         Satu obat tradisional yang juga berkhasiat adalah campuran air hangat, lemon dan madu. Air hangat melegakan hidung tersumbat, lemon meningkatkan sistem imun tubuh sementara madu menyembuhkan sakit tenggorokan. Cukup tambahkan irisan lemon segar ke dalam segelas air hangat dan tambahkan madu secukupnya.
·         Sup ayam sudah sejak dahulu dipilih sebagai menu untuk pasien yang menderita pilek -- tidak hanya karena menenangkan dan mudah dicerna. Terdapat bukti ilmiah yang mendukung teori bahwa sup ayam membatasi produksi sel putih tertentu yang menimbulkan gejala pilek -- oleh sebab itu makan sup ayam sebanyak yang Anda suka![6]

5
Gunakan semprotan hidung. Semprotan hidung memberikan kelegaan cepat dan efektik akibat penyumbatan saluran hidung hanya dengan satu atau dua semprotan. Semprotan ini bekerja dengan dua cara: pertama, mengecilkan pembuluh darah di saluran hidung; dan kedua, melebarkan saluran pernapasan sehingga mudah bernapas.
·         Semprotan hidung dapat dibeli di toko obat. Apabila Anda tidak menyukai ide menyemprotkan cairan ke dalam hidung, Anda juga dapat membeli dekongestan hidung dalam bentuk tablet.
·         Pastikan penggunaan semprotan hidung berdasarkan petunjuk yang tertera. Memakainya secara berlebihan dapat memperbanyak produksi lendir dan menyebabkan infeksi.[7]
Bagian 3 dari 4: Istirahat Yang Cukup

1
Luangkan waktu untuk beristirahat. Salah satu cara jitu untuk memperpanjang masa pilek -- berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu -- adalah dengan tetap rutin beraktivitas dan tidak memberikan tubuh Anda waktu untuk memulihkan diri. Cara terbaik mengatasi pilek dengan cepat adalah libur beberapa hari, tinggal di tempat yang hangat dan nyaman dan biarkan tubuh Anda berehat.
·         Bahkan apabila Anda enggan mengambil cuti kerja, pikirkan rekan kerja Anda di kantor -- mereka tidak ingin Anda menyebarkan bakteri atau virus di kantor! Dengan beristirahat di rumah, Anda sudah menyelamatkan mereka.
·         Selain itu, pilek disebabkan virus yang menyerang dan melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda rentan terkena penyakit lain atau bisa jadi pilek Anda bertambah parah. Oleh sebab itu beristirahat di rumah adalah pilihan yang paling aman, setidaknya sampai Anda sembuh.

2
Banyak beristirahat. Ingat bahwa tubuh anda sedang melakukan yang terbaik untuk melawan virus pilek. Tubuh membutuhkan energi yang diperlukan untuk mengalahkan penyakit tersebut. Memaksa tubuh untuk melakukan pekerjaan di rumah, olahraga, jalan-jalan atau aktivitas fisik lainnya hanya akan memperpanjang pilek dan memperparah kondisi Anda. Pastikan setidaknya Anda tidur selama 8 jam di malam hari dan sering tidur siang.[8]
·         Walaupun Anda tidak dapat tidur, coba meringkuk di atas sofa dengan selimut dan minuman hangat. Gunakan waktu untuk menonton siaran ulang "Friends" atau membaca seluruh koleksi Harry Potter untuk ke sekian kalinya.
·         Sewaktu tidur coba untuk meletakkan kepala lebih tinggi dengan tambahan bantal. Mungkin terasa aneh apabila Anda tidak terbiasa melakukannya namun meninggikan posisi kepala dapat membantu melancarkan saluran hidung. Jika terasa sangat tidak nyaman, coba letakkan bantal di bawah seprai atau di bawah kasur tempat tidur Anda supaya tidak terlalu tinggi. [9]

3
Tetap dalam kondisi hangat. Apa lawan dari dingin? Hangat! (Yah, setidaknya). Walaupun udara dingin atau "masuk angin" bukan penyebab langsung pilek (virus pilek penyebabnya), berada dalam kondisi hangat akan mempercepat proses penyembuhan. Oleh sebab itu tinggikan suhu ruangan, nyalakan perapian dan selimuti diri dengan berlapis-lapis selimut -- Anda akan merasa lebih baik dengan segera.
·         Selain manfaat panas, panas yang "kering" dapat mengganggu saluran hidung dan tenggorokan. Anda dapat melawannya dengan alat pelembab udara untuk mengembalikan kelembapannya. Hal ini akan menyamankan pernapasan.
·         Hati-hati alat pelembap udara dapat menyebarkan patogen dan jamur jika sudah terlalu usang dan tidak dibersihkan secara teratur.[10]

4
Banyak minum. Membuang ingus dan berkeringat di bawah selimut tebal dapat menyebabkan dehidrasi yang memperparah gejala pilek sehingga timbul sakit kepala, tenggorokan kering dan iritasi. Coba lebih banyak minum dari biasanya ketika sakit -- baik itu air teh, sup, jus buah dan sayuran (melon, tomat, timun, nanas) atau air putih.
·         Cara mudah mengontrol dehidrasi dengan memeriksa urin Anda. Jika nampak kuning pucat atau jernih maka aman. Namun jika kuning gelap bermakna ada penumpukan buangan tubuh yang perlu diencerkan -- merupakan pertanda Anda kurang minum air.
·         Jangan minum berlebihan. Minum "terlalu" banyak membebani hati dan ginjal Anda, menyerap energi yang seharusnya dapat digunakan tubuh Anda untuk melawan pilek. 8 gelas sehari sudah lebih dari cukup.[11]
2.   Cure a Cold Fast Step 11.jpg
5
Meredakan sakit tenggorokan. Hidung tersumbat bukan satu-satunya gejala yang harus Anda hadapi semasa pilek -- tenggorokan kering, gatal atau teriritasi yang selanjutnya dirasakan tidak kalah menyakitkan. Cara yang mudah dan alami untuk mengatasinya adalah berkumur dengan air garam. Air meredakan tenggorokan kering sementara kandungan antiseptik pada garam memerangi infeksi.[12]
·         Siapkan larutan dengan mencampur satu sendok teh garam dengan segelas air hangat. Apabila rasanya tidak enak tambahkan soda kue untuk menghilangkan rasa asinnya. Kumur larutan ini sampai empat kali dalam sehari.
·         Cara lain dengan meminum obat pereda batuk yang juga disebut antitusif untuk mengobati batuk kering (tidak produktif). Obat ini tersedia di toko farmasi dalam bentuk cairan, tablet dan serbuk. Anak kecil di bawah usia empat tahun dilarang meminumnya.
3.   Cure a Cold Fast Step 12.jpg
6
Meredakan gejala lain dengan menggunakan obat-obatan tanpa resep. Obat-obatan ini dapat menyembuhkan gejala-gejala yang berkaitan dengan pilek dan flu seperti sakit kepala, nyeri otot dan mata berair. Walaupun tidak semua orang suka minum obat dan lebih memilih metode pengobatan alami, beberapa pilihan obat-obatan ini dapat meringankan sakit Anda.
·         Analgesik seperti acetaminophen, aspirin, dan ibuprofen dapat meringankan rasa sakit dan nyeri serta menurunkan demam, sedangkan antihistamin (yang ditemukan dalam banyak obat-obatan untuk pilek) dapat mencegah hidung berlendir dan mata berair.
·         Anda dilarang meminum dosis lebih dari yang tertera pada obat-obatan tersebut dan lebih berhati-hati memberikannya untuk anak-anak. Aspirin tidak boleh dikonsumsi anak kecil dan remaja karena kaitannya dengan Sindrom Reye.[13]
Bagian 4 dari 4: Menggunakan Pengobatan Alami
1.   Cure a Cold Fast Step 13.jpg
1
Minum sirup elderberry. Elderberry dikatakan dapat meningkatkan imun tubuh. Oleh sebab itu sangat populer sebagai obat alami pilek. Anda dapat menggunakanelderberry dengan berbagai cara:
·         Minum satu sendok makan penuh sirup elderberry setiap pagi. Sirup ini dapat dibeli di hampir semua toko yang menjual makanan kesehatan.
·         Mencampurkan beberapa tetes ekstrak elderberry (juga ada di toko yang menjual makanan kesehatan) dengan segelas air atau jus.
·         Minum teh elderberry - minuman panas dengan bunga elder dan daun pepermin.
2.   Cure a Cold Fast Step 14.jpg
2
Minum satu sendok makan madu asli. Madu asli sangat efektif meningkatkan imun tubuh secara alami dan mengandung antivirus serta melegakan sakit tenggorokan menjadikannya bintang untuk obat pilek alami.
·         Anda bisa langsung minum satu sendok makan madu asli atau campur dengan air atau teh.
·         Coba untuk membeli madu asli dari daerah setempat karena membantu tubuh Anda untuk bertoleransi dengan allergen yang berasal dari lingkungan tempat tinggal Anda.[14]
3.   Cure a Cold Fast Step 15.jpg
3
Tambah asupan vitamin C Anda. Vitamin C sejak dahulu dikenal dengan kemapuannya mencegah pilek. Namun apakah Anda tahu bahwa ia juga mampu mempercepat penyembuhan pilek?
·         Tambah asupan dengan minum jus jeruk dan makan stroberi, kiwi serta sayuran-sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin C.
·         Anda juga dapat mengonsumsi suplemen tablet vitamin C yang tersedia di toko farmasi atau toko yang menjual makanan kesehatan. Dosis yang direkomendasikan oleh National Institutes of Health adalah 90 mg per hari untuk pria dan 75 mg per hari untuk wanita.[15]
4.   Cure a Cold Fast Step 16.jpg
4
Konsumsi suplemen alami. Terdapat beberapa suplemen alami yang diyakini dapat meringankan gejala pilek. Walaupun tidak "menyembuhkan" pilek atau menghentikannya, suplemen-suplemen ini "dapat" menyingkirkannya dengan segera. Misalnya:
·         Echinacea adalah suplemen herbal yang diyakini mengandung antivirus yang membantu penyembuhan infeksi pernapasan. Dikonsumsi dalam bentuk tablet, obat ini dipercayai dapat mengurangi durasi terjadinya pilek apabila langsung diminum ketika gejala awal muncul.[16]
·         Zat seng adalah subtansi alami yang diketahui berdasarkan riset ilmiah dapat memperpendek terjadinya pilek dengan mencegah produksi virus. Dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet, permen atau sirup.[17]
·         Ginseng juga merupakan pengobatan pilek sejak jaman dahulu yang secara ilmiah terbukti mempercepat penyembuhan pilek serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dapat diminum dalam bentuk suplemen atau akarnya dapat direbus untuk dibuat teh.[18]
5.   Cure a Cold Fast Step 17.jpg
5
Mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih mengandung banyak manfaat kesehatan disebabkan kandungan anti mikroba, anti virus dan anti bakteri. Terdapat bukti kuat yang menyatakan bahwa bawang putih mentah dapat meringankan gejala pilek, mempercepat penyembuhannya dan menambah kekebalan tubuh juga mencegah pilek di kemudian hari.
·         Bawang putih dapat diminum dalam bentuk suplemen akan tetapi untuk hasil yang efektif lebih baik dimakan langsung dalam keadaan mentah. Ketuk satu siung bawang putih dan biarkan dalam suhu kamar selama 15 menit. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan senyawa allicin -- agen anti bakteri yang ampuh yang menyebabkan bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan.
·         Bawang putih dapat dimakan langsung (jika Anda memiliki perut yang kuat) atau dicampur dengan sedikit madu atau minyak zaitun dan oleskan pada biskuit. [19]


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲