Cara Agar Tidak Gugup

| Jumat, 06 Februari 2015


Jika hati Anda berdebar begitu keras sampai Anda tidak bisa mendengar diri Anda berpikir “Selamat!”. Anda adalah manusia. Gugup adalah reaksi yang normak yang “semua manusia” harus menghadapi tantangan. Akan tetapi, ketika itu melumpuhkan, maka itu benar – benar melumpuhkan. Meskipun sulit untuk tidak gugup, ada beberapa pendekatan yang berbeda yang dapat Anda ambil untuk menenangkan pikiran Anda dan mengatur tingkat kegugupan Anda. Cobalah beberapa teknik dibawah ini untuk melihat mana yang bisa bekerja untuk Anda.

Metode 1 dari 4: Mencoba Latihan Menenangkan


1
Membuat rutinitas bernapas. Praktisi yoga di seluruh dunia memanipulasi pola pernapasan mereka setiap hari dalam upaya menenangkan pikiran. Panjang, nafas yang damai mengisyaratkan tubuh kita bahwa semuanya akan baik – baik saja. Pendek, nafas yang keras yang lakukan sebaliknya. Dengan bernafas dengan benar, Anda bisa memberitahu tubuh Anda bagaimana merasakan.
    • Tutup mata Anda dan memperlambat pernapasan Anda untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda.
    • Anda dapat mengatur nafas Anda dengan menghitung jumlah tertentu atau “Sekarang Aku bernafas ke dalam, sekarang Aku bernafas keluar”

2
Pergi ke “tempat yang menyenangkan” bagi Anda atau visualisasi yang sukses. Happy Gilmore tidak maksimal ketika menggunakan teknik visualisasi untuk memandamkan amarahnya sebelum membuat tembakan golf. Anda bisa menggunakan visualiasi “tempat yang menyenangkan” untuk menghilangkan diri Anda dari tempat yang gugup dan mengunjungi tempat bebas stress, entah itu tempat pusat perbelanjaan atau pantai yang sepi.
    • Visualisasikan diri Anda berhasil dalam hal yang membuat Anda gugup. Visualisasi yang positif dapat berubah menjadi keberhasilan yang sebenarnya jika Anda percaya bahwa Anda benar – benar bisa berhasil.
    • Ingat untuk berpikir hal yang menyenangkan dan memanfaatkan imajinasi Anda untuk membayangkan situasi yang positif daripada yang negatif.

3
Buat sebuah mantra. Mantra adalah kata –kata atau ucapan yang diulang – ulang baik dengan suara kencang atau didalam pikiran sebagai latihan meditatif. Pikirkan kalimat yang menginspirasi atau menenangkan Anda dan ulangi setiap kegugupan Anda mulai muncul. Dengan menutup mata bisa juga membantu Anda ketika Anda mengucapkan mantra.

4
Meditasi atau lakukan body scan. Meditasi, walaupun sulit untuk dikuasai., adalah cara yang hebat untuk menenangkan kegugupan Anda. Cari tempat yang tenang, ambil tempat duduk yang nyaman atau berbaring ditanah, dan coba kosongkan pikiran Anda setidaknya selama 5 menit.
    • Jika Anda merasa terlalu sulit untuk membuat pikiran Anda jernih, cobalah dengan scan tubuh dimana Anda memusatkan perhatian pada satu bagian tubuh Anda pada suatu waktu.
    • Mulailah dengan membawa perhatian Anda ke kaki Anda dan perlahan ke tubuh Anda. Perhatikan bagaimana perasaan Anda disetiap tahap.[1]

5
Tuliskan pemikiran gugup Anda. Daripada mencoba menghilangkan pikiran atau perasaan yang gugup, gunakan waktu untuk merasakannya dan kemudian biarkan kegugupan itu pergi. Dengan menuliskan mengapa Anda gugup dan bagaimana yang Anda rasakan, Anda bisa menghadapi kegugupan Anda daripada mencoba mengabaikannya semua. Setelah Anda menuliskan perasaan Anda, buang kertas sebagai ungkapan simbolis atau disimpan untuk dipikirkan seharian.[2]

6
Memutar musik yang menenangkan. Buatlah playlist musik yang bisa membuat Anda tenang. Ketika perasaan gugup muncul, dengarkanlah playlist Anda dan biarkan diri Anda tenggelam dalam musik.

7
Minum air. Menenangkan sistem saraf Anda dan memelihara tubuh Anda dengan meminum air. Meskipun Anda harus selalu minum dalam jumlah air yang cukup, melakukannya pada saat Anda mengalami kegelisahan bisa sangat membantu.

8
Pijat kening Anda. Tutup mata Anda dan gunakan jari tengah untuk memijat kening Anda yang ada disebelah kedua mata Anda. Kening Anda adalah titik tekanan dan memijatnya akan bisa sangat rileks dan menghilangkan stres.

9
Berlatih atau ikuti yoga dan/atau tai chi. Berlatih adalah salah satu yang terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan pikiran dan badan Anda dan meringankan rasa gugup. Jika Anda gugup khusunya presentasi pekerjaan mendatang atau kencan dengan tetangga yang cantik, lakukan setidaknya aktivitas cardio 30 menit perhari.
    • Yoga tidak hanya latihan fisik namun praktek untuk melatih mental yang juga mengajarkan Anda untuk mengatur pernafasan Anda. Cobalah ikuti kelas yoga atau mengikuti instruksi di rumah untuk melihat apakah itu membantu menenangkan pikiran Anda.
    • Ikuti Tai Chi. Tai chi adalah seri non – kompetitif yang mengalirkan gerakan tubuh yang dirancang untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi santai dan saluran energi untuk hasil yang positif.

10
Pastikan Anda mendapat tidur yang cukup dan makan makanan yang sehat. Diet dan pola tidur Anda tidak hanya mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi mereka dapat mempengaruhi tingkat stress Anda dan dengan demikian Anda juga mudah gugup. Direkomendasikan untuk tidur 8 jam setiap malamnya dan hindari mengkonsumsi lemak, minyak, dan makanan yang manis.

Metode 2 dari 4: Mendekati Gugup Anda Secara Rasional


1
Terima ketidakpastian. Beberapa orang memiliki kesulitan untuk tidak mencoba mengendalikan semua aspek dalam kehidupan mereka. Lepaskan genggaman terkendali Anda dan katakan pada diri Anda bahwa terdapat beberapa hal yang tidak bisa Anda prediksi. Selagi Anda mengarahkan hidup Anda ke arah tertentu, Anda pasti mengambil beberapa belokan yang salah atau keluar jalur oleh orang ketiga. Lalu hey, itu tidak apa – apa!
    • IJika hidup sudah direncanakan semua, akan membosankan karena semuanya keluar. Ketidakpastianlah yang membuatnya layak untuk hidup! Jika ini adalah masalah bagi Anda, secara sengaja tempatkan ketidakpastian dalam cahaya positif – kejutan kecil apa yang Akan menyapa Anda dengan senang hari ini?

2
Fokus pada masa kini dibanding hidup dalam masa lalu atau masa depan. Yang terjadi biarkan terjadi dan apa yang belum terjadi, yah, masih belum terjadi. Jangan streskan diri Anda dengan terpaku pada momen memalukan atau menduganya akan terjadi.
    • Terdapat sesuatu hal sebagai nubuat pemuasan diri. Jika Anda berkonsentrasi mengacaukan pidato besar Anda besok, Anda mungkin akan mengacaukannya besok. Fokus pada keadaan sekarang menempatkan Anda mengenai apa yang terjadi dan membiarkan kepala Anda menghadap ke depan.

3
Hindari orang – orang atau situasi yang membuat Anda gugup. Jika naik ke atas panggung didepan keramaian adalah sesuatu yang membuat Anda benar – benar gugup. Hindari situasi tersebut. Kecuali Anda adalah seorang yang bercita – cita menjadi aktor, penyanyi, atau motivator, Anda mungkin tidak akan diminta untuk naik keatas panggung sering – sering dalam hidup Anda.
    • Walaupun Anda tidak bisa menghindari semua orang yang membuat Anda gugup, (seperti mertua atau pacar Anda) ada orang – orang tertentu yang bisa Anda hindari. Jika kenalan atau kasir di toko makanan bisa membuat Anda gugup, cukup hindari mereka kapanpun yang Anda bisa.
    • Gabungkan diri Anda dalam orang – orang dan tempat yang membuat Anda merasa nyaman. Situasi baru akan muncul dalam hidup Anda yang mengeluarkan Anda dari zona nyaman, tetapi memiliki dukungan dari sekelompok teman akan membantu Anda menghadapai tantangan tersebut dengan tenang.

4
Bayangkan orang yang membuat Anda gugup dalam situasi yang rentan. Ini adalah trik lama “bayangkan keramaian dalam celana dalam mereka,” tetapi bisa benar – benar berhasil! Walaupun bos Anda mungkin sangat menakutkan, katakan pada diri Anda bahwa dia juga manusia. Dia mungkin merasa gugup terkadang dan telah berada dalam beberapa situasi rentan sebelumnya.
    • Pepatah lama, “Semua orang buang air besar” adalah pepatah lama karena sebuah alasan!

5
Mempersiapkan diri untuk hari baik dan hari buruk. Walaupun Anda menggunakan beberapa teknik relaksasi kedalam rutinitas hari Anda, masih akan ada hari – hari dimana rasa gugup akan menang. Persiapkan diri Anda untuk kesuksesan dan kegagalan dan ambil setiap langkah hari demi hari.

Metode 3 dari 4: Memahami Sumber Gugup Anda


1
Mengevaluasi kewajaran rasa gugup Anda. Apakah Anda merasa gugup mengenai sesuatu yang bisa Anda pecahkan atau apakah Anda gugup mengenai sesuatu diluar kendali Anda.
    • Jika Anda gugup akan situasi yang mungkin terjadi daripada yang sebenarnya, mengatakan pada diri Anda bahwa itu diluar kendali Anda. [3] . Apa gunanya gugup akan sesuatu yang akan terjadi bagaimanapun juga? Gugup akan kiamat yang datang? Mudah dilihat bahwa itu tidak berguna—bagaimana masalah Anda akan berbeda?
    • Jika masalah Anda benar terjadi dan dapat diselesaikan, ambil tindakan untuk menemukan solusi yang mungkin. Sebagai contoh, jika Anda gugup akan melakukan pembayaran sewa Anda tepat waktu, panggil tuan tanah Anda dan minta untuk perpanjangan.

2
Hilangkan ide bahwa rasa gugup Anda memiliki efek positif. Banyak orang membangun rutinitas rasa gugup yang ekstrim karena mereka pikir itu baik untuk mereka atau melindungi mereka dari mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan. Tapi pada akhirnya, merasa gugup hanya membuang waktu yang bisa Anda gunakan untuk merasa, yah, hampir semua hal.
    • Merasa gugup akan skenario terburuk akan terjadi pada diri Anda suatu hari di masa datang tidak membuahkan hasil yang positif. Anda tidak akan lebih bersiap dan Anda akan kehilangan waktu berharga untuk menyenangkan diri Anda.
    • Dekati rasa gugup Anda secara rasional dan jangan biarkan tubuh Anda dikendalikan oleh pikiran gugup. Tegaskan pikiran rasional Anda dan biarkan rasa gugup tahu siapa bosnya. Anda bosnya!'.

3
Ingat bahwa adalah hal yang alami untuk merasa gugup. Rasa gugup tidak selalu merupakan hal yang buruk. Itu bisa berarti bahwa Anda gembira untuk menemui seseorang, atau bisa sebagai tanda bahwa sesuatu itu sangat penting bagi Anda

Metode 4 dari 4: Mencari Bantuan Medis


1
Kenali apakah kegugupan Anda berdampak negatif terhadap kehidupan Anda. Anda mungkin membahayakan hidup Anda akibat dari kegugupan dan kegelisahan Anda.
    • Jika kegugupan Anda mencegah Anda untuk lari dari aktivitas Anda, Anda mungkin harus mengatasinya. Menjadi gugup ketika Anda menghadapi hidup itu adalah hal yang sehat dan normal , tetapi jika Anda gugup dan Anda tidak tahu kenapa, itu adalah masalah yang besar.

2
Bicaralah dengan dokter tentang potensi obat anti cemas. Jika kegugupan Anda begitu kuat sehingga bisa menyebabkan panik yang berlebih, Anda mungkin akan menjadi kandidat potensial untuk obat tersebut. Sementara obat kecemasan tidak akan menyembuhkan gugup anda, hal ini akan membuat Anda tidak gugup hanya untuk sementara.
    • Obat anti cemas dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan dan berbahaya termasuk kecanduan dan depresi. Mempertimbangkan isu – isu ini dan pilihan lain sebelum beralih ke obat – obatan
    • Obat anti cemas yang populer adalah benzodiazepin, antidepresan, dan beta-blocker. Tanyakan kepada dokter Anda obat yang tepat untuk Anda.
    • Kebanyakan obat anti cemas terasa menendang sekitar 30 menit setelah dikonsumsi.[4]

3
Menyewa seorang psikoterapis.Banyak orang merasa sangat terbantu ketika berbicara dengan terapis yang profesional tentang kegelisahan atau kecemasan. Menentukan apakah kelompok atau konseling individu yang tepat untuk Anda dan membuat janji untuk berbicara dengan terapis.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲