Cara Melegakan Hidung Tersumbat

| Sabtu, 14 Februari 2015
Hidung tersumbat terjadi ketika pilek atau alergi menyebabkan rongga hidung membengkak dan menghasilkan lendir, sehingga sulit untuk bernapas. Hidung tersumbat tidak hanya sekadar mengganggu; tetapi juga dapat melemahkan tubuh Anda. Untungnya, ada banyak cara untuk menghilangkan penyumbatan dan memperbaiki kenyamanan saat pilek atau alergi menyerang. Artikel ini menguraikan penyembuhan yang cepat untuk menangani penyumbatan hidung dengan obat alami yang mengatasi penyumbatan serta solusi medis.
Metode 1 dari 3: Penyembuhan Cepat
Meniup hidung Anda. Cara termudah untuk menghilangkan penyumbatan adalah dengan memaksa lendir keluar melalui hidung. Bawalah sekotak tisu atau beberapa saputangan setiap kali Anda hendak ke luar rumah.


1
Makan sesuatu yang pedas. Pernah makan terlalu banyak wasabi, dan terasa hingga ke hidung? Itu karena makanan pedas mencairkan lendir dan menghilangkan penyumbatan, meskipun kebanyakan hanya terjadi sesaat. Untuk penyumbatan yang cukup parah, cobalah makan:
·         Paprika pedas, seperti jalapeno, habanero atau lada serrano
·         Lobak atau wasabi
·         Jahe pedas
·         Fenugreek
·         Bawang dan bawang putih
Iklan

2
Oleskan sedikit salep mentol. Obat salep yang mengandung mentol akan mengatasi penyumbatan sementara dan memungkinkan Anda untuk bernapas lebih mudah selama satu atau dua jam. Gosokkan sedikit salep pada bibir Anda di bagian atas dan di bawah hidung, kemudian biarkan uap bekerja.

3
Tetap dalam posisi vertikal. Topang badan Anda di malam hari dengan bantal, atau tahan godaan tidur terlentang. Hal ini dapat membantu mengurangi penyumbatan dan membuat Anda lebih mudah bernapas. Namun ia tidak hanya akan menghilangkan penyumbatan, tetapi juga membantu pernapasan dan membuat Anda lebih nyaman.

4
Pijat sinus Anda. Redakan penyumbatan dengan cara kuno - tanpa obat atau stimulan, hanya Anda dan jari-jari Anda. Memijat diri sendiri mudah dilakukan dan efektif. Berikut adalah tiga jenis pijatan yang dapat Anda lakukan di rumah, di tempat kerja, atau di tempat umum.
·         Gunakan kedua jari telunjuk dan tempelkan di kedua sisi rongga mata, tepat di atas hidung dan tepat di bawah alis. Dengan gerakan memutar ke luar, mulai memijat sinus sekitar hidung Anda dengan jari-jari Anda. Lakukan ini selama 20 sampai 30 detik.
·         Gunakan kedua jari telunjuk dan tempatkan di bawah mata Anda. Sekali lagi, menggunakan gerakan lingkaran ke luar, pijat sinus di sekitar mata Anda dengan menggunakan jari-jari Anda. Lakukan ini selama 20 sampai 30 detik.
·         Akhirnya, gunakan ibu jari Anda dan tempelkan di kedua tulang pipi. Pijat tulang pipi Anda dengan gerakan melingkar ke luar menggunakan ibu jari Anda. Lakukan ini selama 20 sampai 30 detik. Ulangi lagi pemijatan, atau sampai sinus Anda lega.

5
Gunakan kompres hangat pada wajah Anda. Rendam handuk bersih dalam air hangat dan peras sampai handuk lembab, tetapi tidak basah. Duduklah dan tempelkan handuk di wajah Anda selama beberapa menit. Kompres hangat dapat membantu meringankan ketidaknyamanan dan membuka saluran hidung.

6
Mandi air panas. Uap hangat akan melewati paru-paru dan mengalir ke rongga hidung Anda, mencairkan lendir dan menghilangkan penyumbatan.
Metode 2 dari 3: Rawatan Alami

1
Gunakan rawatan uap untuk mengencerkan lendir. Jika Anda memiliki waktu yang cukup banyak dari sekedar mandi air panas, lakukan rawatan uap untuk mengurangi penyumbatan. Rawatan uap sudah menjadi rawatan pokok untuk penderita hidung tersumbat di seluruh dunia selama berabad-abad.
·         Didihkan 3 gelas air. Setelah mendidih, angkat air dari kompor.
·         Celupkan kantong teh camomile dalam air saat mendingin (opsional).
·         Setelah uap cukup dingin untuk melewati tangan Anda tanpa terbakar, tuangkan air atau teh ke dalam mangkuk.
·         Tetap berhati-hati dengan uap yang hangat, kemudian arahkan wajah Anda ke atas mangkuk, tutup kepala Anda dengan handuk, dan bernapas dalam-dalam. Jika Anda sementara tidak dapat bernapas melalui hidung, bernapaslah melalui mulut.

2
Gunakan pelembab udara. Pelembab udara (dan uap pada umumnya) direkomendasikan sebagai pengobatan untuk hidung tersumbat karena udara kering mengiritasi membran dalam sinus, menyebabkan gejala-gejala bermunculan.[1] Oleh karena itu, udara yang basah direkomendasikan oleh para dokter.
·         Jika Anda tidak memiliki alat tersebut atau tidak ingin membeli sebuah alat pelembab udara yang sebenarnya, Anda dapat membuat sendiri alat yang dasar dengan menggunakan barang-barang yang terdapat di sekitar rumah Anda. Rebus air yang cukup untuk memenuhi sebuah panci besar, angkat dari api, dan letakkan air panas di bagian yang aman di kamar Anda. Uap yang berasal dari air akan melembabkan ruangan. Ulangi sesuai kebutuhan.
·         Saat menggunakan alat pelembab udara, sedikit kembali pada pembahasan yang tadi, Anda tidak ingin kondisi udara menjadi terlalu lembab sehingga ruangan Anda layaknya hutan tropis. Sedikit pelembab udara yang memadai untuk mengubah udara ruangan sedikit lembab, adalah yang Anda butuhkan.

3
Buat larutan garam hidung Anda sendiri. Air garam dapat berfungsi sebagai larutan non medis. Tambahkan satu sendok teh garam ke dalam satu cangkir air, aduk sampai larut. Dengan penetes mata, teteskan beberapa tetes larutan garam ke dalam salah satu lubang hidung sambil memiringkan kepala Anda ke belakang. Tiup cairan keluar dari lubang hidung Anda lalu ulangi di lubang hidung yang lainnya.

4
Alirkan hidung Anda dengan menggunakan neti pot. Pada sebagian orang, irigasi hidung bisa melegakan gejala sinus tanpa menggunakan obat-obatan.[2] Neti pot bekerja dengan mencairkan lendir kemudian menyiramnya keluar dari rongga hidung.
·         Neti pot datang dengan instruksi yang harus diikuti. Instruksi tersebut adalah pertama, menyiapkan larutan irigasi yang terdiri dari 475 ml air suam-suam kuku (yang steril), bersama dengan 1 sendok teh garam. Isi neti pot Anda dengan larutan garam tersebut.
·         Miringkan kepala Anda pada sudut 45 derajat dan arahkan ujung neti pot ke atas lubang hidung Anda. Larutan garam akan masuk ke dalam salah satu lubang hidung, mengalir melalui rongga hidung Anda, dan keluar dari lubang hidung lainnya. Jika solusi menetes ke dalam mulut Anda, cukup Anda ludahkan ke luar. Tiup hidung Anda dan ulangi proses di lubang lainnya.
·         Seberapa sering Anda harus mengairi hidung dengan neti pot? Orang yang menderita sinus yang parah atau alergi merasankan manfaatnya jika mengirigasi saluran hidung setiap hari.[2] Setelah gejala membaik, penggunaan yang dianjurkan adalah tiga kali seminggu.

5
Berendam dengan minyak esensial. Minyak esensial tertentu membantu mencairkan lendir dan membersihkan sinus. Isi bak mandi dengan air hangat dan tambahkan sepuluh tetes minyak kayu putih, minyak rosemary, atau minyak tea tree. Berendamlah di dalam bak mandi sampai saluran hidung Anda lega dan bernapas menjadi lebih mudah.
Metode 3 dari 3: Cairan Medis

1
Gunakan dekongestan. Dekongestan dapat dibeli di toko farmasi. Obat ini ada berbagai jenis:
·         Decongestant semprotan, seperti naphazoline (Privine), oxymetazoline (Afrin, Dristan, Duramist), atau fenilefrin (Neo-Synephrine, Sinex, Rhinall).[1]
·         Bentuk pil, seperti phenylephrine (Lusonal, Sudafed PE, Sudogest PE) dan pseudoefedrin (Sudafed, Sudogest).[1]
·         Jangan menggunakan semprotan dekongestan selama lebih dari tiga hari, karena dapat memperburuk gejala. Selain itu, jangan menggunakan dekongestan oral lebih dari tujuh hari tanpa berkonsultasi dengan dokter. Ikuti semua instruksi pada kemasan dekongestan.

2
Gunakan antihistamin. Antihistamin, bersama dengan obat-obatan alergi lainnya bermanfaat untuk mengurangi penyumbatan hidung. Pilihlah antihistamin yang juga mengandung dekongestan sehingga Anda dapat menyembuhkan bersin-bersin sekaligus lendir dan tekanan sinus. Cobalah antihistamin alami berikut:
·         Stinging nettle, jelatang menyengat. Sebagian dokter menyarankan menggunakan jelatang menyengat kering dan beku, yang dikenal kemampuannya untuk mengurangi jumlah histamin yang dihasilkan tubuh.[3]
·         Coldsfoot mungkin efektif sebagai antihistamin alami. Bangsa eropa sudah memiliki sejarah panjang menggunakan tanaman ini untuk menyembuhkan penyakit kulit.[4] Daunnya dapat digiling menjadi pasta atau ekstraknya dapat ditelan dalam bentuk pil.
·         Basil atau kemangi juga dapat berfungsi sebagai antihistamin alami. Panaskan beberapa tangkai daun kemangi di bawah sedikit uap kemudian hirup uapnya dalam-dalam. Basil dapat membantu meyakinkan tubuh bahwa histamin yang diproduksi dapat dikurangi.[5]
Tips
·         Jangan makan produk susu atau cokelat karena keduanya menyebabkan penumpukan lendir.
·         Jauhi air yang mengandung klorin. Klorin yang berasal dari air kolam renang bisa mengiritasi selaput lendir, membuat hidung tersumbat Anda semakin memburuk.
·         Jika Anda memiliki sakit kepala akibat sinus, konsumsi beberapa obat pembunuh rasa sakit (seperti Tylenol, Advil, dll).


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲