Cara Memiliki Rambut yang Sehat

| Jumat, 06 Februari 2015


Jika rambut Anda kusam, kaku, atau rusak karena dicat atau terkena zat-zat kimia, Anda dapat mulai memiliki rambut yang sehat dari sekarang. Menjalankan kebiasaan mencuci dan menata rambut secara sehat, menghindari perawatan yang salah, dan makan makanan yang bergizi akan membuat rambut Anda terlihat sehat seketika.

Metode 1 dari 3: Menjalankan Kebiasaan Mencuci dan Menata Rambut yang Sehat


1
Ubahlah rutinitas mencuci rambut. Apakah Anda mencuci rambut setiap hari? Jika ya, maka hal ini bisa membuat rambut menjadi kering, karena minyak pada kulit kepala yang membuat rambut Anda bersinar dan sehat menjadi hilang. Mencuci rambut setiap hari malah juga bisa membuat rambut menjadi berminyak. Menghilangkan minyak dari rambut menyebabkan kelenjar minyak menjadi bertambah produksinya.
    • Cucilah rambut tiga atau empat kali sehari. Memberi waktu pada rambut untuk beristirahat akan mengembalikan keseimbangannya. Pada minggu pertama, mungkin rambut akan sedikit berminyak, namun selanjutnya rambut akan terlihat lebih sehat dan berkilau.
    • Cucilah rambut dengan air dingin. Mencuci dengan air hangat bersifat keras bagi rambut dan dapat mengakibatkan ujung rambut bercabang dan kusut. Mencuci dengan air dingin akan membuat batang rambut kuat, sehingga rambut sehat dan mengembang.

2
Rawatlah rambut dengan hati-hati. Bayangkan rambut Anda seperti gaun sutra terbaik Anda. Setelah mencuci rambut dengan tangan, apakah Anda memelintir rambut untuk mengeringkannya? Jangan lakukan, tindakan tersebut akan menghancurkan bentuk dan serat rambut. Rambut Anda itu rapuh dan perlu dirawat dengan hati-hati agar tetap sehat.
    • Setelah mencuci rambut, tekan pelan-pelan dengan handuk dan jangan dipelintir sambil diperas. Biarkan mengering dengan sendirinya.
    • Gunakan sisir dan bukan sikat. Menyikat rambut yang kusut dapat menyebabkan rambut rontok dan patah. Gunakan sisir bergigi lebar untuk mengurai kekusutan rambut.

3
Jangan terlalu sering menggunakan alat penataan rambut. Jangan terlalu sering menggunakan pengering, pelurus, pengeriting, dan penggulung rambut yang panas kecuali Anda akan menghadiri acara-acara khusus. Rambut yang terkena panas bisa rusak, jadi hal yang paling baik adalah membiarkan rambut mengering dengan sendirinya.
    • Jika Anda ingin menggunakan blow dryer, aturlah dengan penyetingan dingin.
    • Sebelum menggunakan alat penataan rambut, bubuhkan serum perlindungan rambut terlebih dulu.

Metode 2 dari 3: Menggunakan Produk-produk yang Sehat dan Menghindari Perawatan yang Dapat Merusak Rambut


1
Gunakan produk perawatan rambut yang alami. Produk perawatan rambut komersial menjanjikan hasil yang maksimal, namun seringkali mengandung bahan-bahan yang dapat membuat rambut kering, lepek, dan kusam. Anda dapat melihat perbedaannya jika beralih ke produk-produk yang terbuat dari tumbuhan, minyak tumbuhan, dan krim yang menutrisi rambut.
    • Kebanyakan sampo dibuat dengan zat pembersih yang keras yaitu sulfat yang dapat menghilangkan kandungan minyak rambut dan menyebabkan kusut dan kaku. Pilihlah sampo yang mengandung pembersih berbahan tumbuhan dan minyak tumbuhan. Kunjungilah toko-toko bahan makanan alami/organik untuk mendapatkan produk-produk tersebut.
    • Kondisioner yang terbuat dari lidah buaya, minyak kelapa, shea butter, dan zat-zat alami lainnya dapat menambah kelembaban sehingga rambut menjadi sehat dan segar.
    • Hindari penggunaan produk-produk penataan rambut yang mengandung zat kimia dengan nama-nama yang bisa diucapkan apa adanya. Anda bisa membuat sendiri gel rambut dan penyemprot rambut daripada menggunakan produk-produk yang dibeli di toko.
2
Cobalah untuk Menghindari Pewarnaan dan Perlakuan Rambut yang Bersifat Permanen. Zat kimia pada pewarna rambut, bleaching (penghilangan pigmen alami rambut untuk memudahkan pewarnaan rambut), Brazilian blowout (pelurusan rambut dengan pengering rambut dan catok rambut. Sebelumnya rambut diberi produk pelurus rambut terlebih dulu),serta produk pelurus dan pengeriting kimia dapat membuat rambut rusak jika terlalu sering digunakan.

3
Lakukan pemberian minyak pada rambut. Untuk memulihkan kelembutan dan kilau rambut, usapkan minyak pada akar, batang, dan khususnya ujung rambut beberapa kali dalam seminggu. Anda bisa mengoleskan minyak sebagai pengganti kondisioner atau dioleskan setelah rambut kering. Lakukan perawatan deep conditioning pada rambut beberapa minggu sekali seperti berikut:
    • Lakukan pemijatan pada rambut dengan menggunakan minyak zaitun atau almond.
    • Bungkus rambut dengan shower cap atau pembungkus plastik.
    • Diamkan rambut selama dua jam atau semalaman.
    • Cucilah dengan air dingin sampai bersih lalu cucilah rambut dengan sampo dan kondisioner seperti biasa.

Metode 3 dari 3: Membuat Perubahan Gaya Hidup yang Sehat


1
Makanlah makanan bergizi yang menutrisi rambut. Mengonsumsi makanan yang seimbang dan mengandung banyak protein, vitamin B, zat besi, dan omega 3 akan membuat rambut tebal dan sehat.
    • Vitamin B membuat rambut tebal dan kuat. Makanlah buah, sayuran, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan vitamin B.
    • Makanlah daging sapi, ayam, ikan, dan sayuran hijau seperti kangkung dan bayam untuk mendapatkan asupan zat besi dan protein.
    • Salmon, kacang walnut, dan alpukat merupakan sumber omega 3 terbaik yang membantu rambut agar berkilau dan sehat.
    • Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin yang dirancang untuk membuat rambut lebih kuat. Misalnya, cobalah vitamin khusus sebelum melahirkan yang mengandung berbagai bahan yang menyehatkan rambut, kuku, dan kulit.

2
Lindungi rambut dari berbagai elemen yang merusak. Seperti halnya Anda melindungi kulit dari sinar matahari, angin, dan temperatur dingin, Anda pun perlu melindungi rambut. Jika tidak, lama kelamaan rambut akan kering dan rapuh.
    • Jika matahari bersinar terik, pakailah topi atau syal agar rambut tidak terbakar sinar matahari.
    • Jika Anda tinggal di negara-negara yang mengalami musim dingin, maka disarankan untuk tidak keluar rumah dengan rambut basah. Saat rambut membeku karena dingin, maka akibatnya akan rapuh dan kaku.
    • Lindungi rambut dari zat-zat kimia. Jangan biarkan rambut terlalu sering terpapar zat klorin. Saat berenang, gunakan swim cap (penutup rambut saat berenang).
3
Sering-seringlah merapikan potongan rambut. Saat rambut mulai bercabang, segeralah pergi ke salon untuk merapikannya. Menjaga rambut agar tetap rapi potongannya akan mencegah ujung rambut tidak bercabang terlalu jauh dari batangnya. Rambut pun tidak mudah patah, terlihat sehat, dan segar.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲