Aplikasi Chat Terpopuler di Indonesia

| Rabu, 04 Maret 2015
Chatting dapat juga di sebut sebagai Instant Messenger (IM), yaitu sebuah layanan yang berfungsi untuk bertukar pesan secara lansung / online melalui koneksi Internet. Percakapan dapat berupa teks, pertukaran gambar, link bahkan ber-telepon ria dan webcam-an.


Di blog ini, selain dari daftar sosmed populer, ada juga tentang Google Trends yang menampilkan daftar teknologi / gadget, jejaring sosial dan aplikasi terpopuler dunia berdasarkan volume pencarian pengguna Internet dunia dan Indonesia di mesin pencarian Google.
Kenapa harus Google? .. Ya iya donk, walau bagaimanapun Google adalah website terpopuler di Indonesia, artinya memang situs inilah yang paling sering dikunjungi oleh netters Indo. (Simak: Website Berita dan 50 Website Terpopuler di Indonesia).

Lalu daftar aplikasi Chat populer untuk negara kita tuh begini;

Trending Google Search In Indonesia

#20132014
1WhatsAppBBM
2WechatWhatsApp
3LineLine
4SkypeWeChat
5BBMSkype
6Kakao TalkYahoo Messenger
7Yahoo MessengerFacebook Messenger
8SimsimiKakao Talk
9ImvuBee Talk
10Google HangoutsKik Messenger

Apa yang Anda dapatkan dari daftar di dua tahun terakhir tersebut?
Terlihat bahwa yang terpopuler memang tidak banyak berubah selama dua tahun kan. Hanya ada sedikit pergeseran peringkat dan beberapa saja yang baru masuk dengan menggantikan beberapa Apps yang menghilang dari chart.
Dari situ, bisa kita simpulkan bahwa di Tahun 2015 ini kemungkinan berubahnya Apps di Google chart juga tidak akan terlalu besar dan "mungkin" tidak terlalu berbeda di akhir tahun nantinya. Kita tunggu saja ya.

Apakah sesuatu yang banyak dicari juga menjamin banyaknya pengguna? Yaaa bisa-jadi bisa-jadi (:-D).

Sekarang, mari  langsung saja kita bahas sedikit masing-masing Apps populer tersebut yuk;

1. BBM
Yang ini bukan sesuatu yang sempat heboh kemarin lho, tetapi tentang BlackBerry Messenger. Sebuah platform chat yang populer seiring dengan populernya gadget terbaru BlackBerry alias BB.
Pada saat itu Nokia, Samsung dan Sony Ericson adalah gadget ter-hot. Dengan di rilisnya BB yang dianggap lebih mudah dalam peng-akses-an Internet dan juga cara komunikasi yang lebih praktis melalui BBM, membuat masyarakat dunia mulai beralih ke BB.
Saat ini memang Android dan iOS yang teratas, tetapi ini tidak membuat pesona BBM menurun. Pihak terkait telah mengambil langkah tepat dengan mengeluarkan BBM versi Android & iOS dan nyatanya memang penggunaan BBM android saat ini lebih tinggi dibanding versi BB. Terutama bagi pengguna di Indonesia (termasuk Saya, hehe).
  • Untuk info terbaru BBM: http://www.bbm.com/bbm/id.html

2. WhatsApp
Yea What's Up? hehehe, itu yang pertama kali terlintas dipikiran saat aplikasi ini mulai populer. Keren banget namanya jadi WhatsApp biar lebih mudah diingat kali ya :-D ..

Singkatan gaulnya adalah WA, sekarang ini kalau kita tidak sempat melanjutkan obrolan dengan teman, biasanya kita akan bilang: "Lanjutkan di WA aja yah".. Atau kalau kita bertemu kenalan baru, biasanya kita akan bilang: "Minta WA-nya donk" .. Iya kan?..

Whatsapp Inc. adalah sebuah perusahaan penyedia Instant Messenger khusus smartphones yang saat ini dimiliki oleh Facebook Inc. (Manteb, FB sudah mengakuisisi top lists nih).

Saat ini penggunaan WA bisa melalui Android, iOS, Symbian, nokia S40, Windows phone dan beberapa versi BlackBerry. Hal ini membuat semakin banyak juga pengguna dunia yang punya akun di sini dan lancar menggunakannya untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga maupun rekan bisnis.
  • Untuk info terbaru WA: http://www.whatsapp.com/?l=id


3. Line
Ini nih favorit Saya untuk urusan Emoticon / Sticker terimut dan terekspresif. (Simak: Emoticon / Sticker Sosmed Terimut). Tapi mungkin Anda punya penilaian berbeda dan tersendiri.

Line adalah sebuah aplikasi chat yang bermula pada sekitar tahun 2011, atas ide seorang engineer Jepang dari Naver Corporation yang berbasis di Korea Selatan. (Menarik kan?).

Saat ini, Line Chat sepenuhnya dikembangkan oleh Line Corporation. Yang asyik dari aplikasi ini adalah stickernya yang bagus dan juga layanan Voice Call-nya yang sangat mudah ter-koneksi dan lumayan lancar dibanding aplikasi lainnya. (Ini menurut pengalaman Saya lho). Selain itu ada berbagai macam Games dan Aplikasi Pic Editor (B612) yang kembangkan oleh Line Corp.
  • Untuk info terbaru Line: http://line.me/id/

4. Wechat
Sebelum Line Chat populer di Indonesia, mungkin wechat terlebih dahulu disukai pengguna Indonesia (Lihat tabel perbandingan diatas).

Di negeri asalnya - China, Wechat memang sudah sangat populer sejak dulu. Dan saat ini semakin mendunia terutama di Asia.

Data wikipedia menunjukkan, sudah ada sekitar 438 juta pengguna yang aktif di wechat pada Agustus 2014. Untuk bisa mendaftar di aplikasi ini juga sangat mudah, kita bisa menggunakan nomor ponsel secara langsung atau melalui akun facebook kita.
  • Untuk info terbaru Wechat: http://www.wechat.com/id/
5. Skype

Awal millenium adalah tahun-tahun keemasan bagi Skype, terutama bagi pengguna di Amerika dan Eropa. Sejak kemunculannya pada 2003, Skype ini sudah di akuisisi oleh banyak perusahaan besar dunia (2005 - 2009). Sekarang ini Microsoft yang telah mengakuisisinya sejak 2011an.

Skype tidak hanya berfungsi sebagai penyampaian pesan saja, tetapi bisa digunakan untuk Voice Call dengan microphone dan video call dengan menggunakan webcam. Dulu Skype lebih sering digunakan pada perangkat PC/Laptop (Windows), tetapi sekarang lebih praktis karena sudah bisa diakses dengan aplikasi smartphone.

Dan yang lebih asyik, dua pengguna Skype bisa tetap berkomunikasi walau memakai jenis perangkat berbeda (Kita menggunakan PC dan teman kita menggunakan smartphone). Sistem operasi skype meliputi Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Windows Phone, BlackBerry, Nokia X, Fire OS, Xbox One, bahkan PlayStation Vita pun bisa. (Keren ^_^).
  • Untuk info terbaru Skype: http://www.skype.com/id/
6. Yahoo Messenger

Wahhh first love, hihihi, hampir semua orang yang sudah lama aktif di dunia Internet akan punya atau setidaknya pernah punya akun di Yahoo yang di gunakan untuk chating.

Yup, Yahoo Messenger yang lebih sering di sebut YM ini memang sangat populer dari dulu hingga kini lho. Lihatlah daftar diatas, banyak aplikasi / program chat baru bermunculan, tapi YM tetap betah nongkrong di Top Chart kan.

Bila sebelumnya kita harus meng-install YM di PC / Laptop, sekarang sudah bisa langsung di smartphone juga. Walau sekarang ini memang sudah banyak fitur YM yang di hapus atau diganti oleh pihak pengelola, seperti beberapa fitur di Group (Room).

Apalagi kita juga bisa langsung menghubungkan YM dengan akun fb kita dan chat dengan teman di YM tanpa perlu menambahkan satu per satu. Lalu yang paling asyik kita bisa atur apakah kita ingin teman mengetahui satus "online" kita atau tidak dengan merubah "available" menjadi "invisible".
  • Untuk info terbaru YM: https://messenger.yahoo.com/
7. Facebook Messenger

Sebagai media sosial terpopuler, bisa dipastikan segala fitur yang dikeluarkan oleh Facebook akan menjadi populer juga. Salah satunya ya Instant Messenger yaitu FB Messenger.

Fb messenger ini awalnya dijadikan sebagai cara lain yang lebih praktis dari fitur PM (Private message), tapi sekarang sepertinya pengguna fb (terutama yang mengakses fb dengan aplikasi ponsel) diharuskan menginstall fb messenger untuk melihat pesan yang masuk.

(Saya mengalaminya juga di awal 2014, terpaksa install app ini untuk memeriksa Inbox, kalau tidak install ya tidak bisa buka kotak masuk dari ponsel, mungkin ponsel Saya yang haw-haw ya :-D .. Tapi dari laptop sih tidak masalah. Padahal saat itu Saya belum mau meng-install app ini karena sudah terlalu banyak Chat app lainnya yang ada di ponsel .. >_< ..).
  • Untuk info terbaru FB Messenger: https://www.facebook.com/about/messenger
8. Kakao Talk

Masih ingat tahun-tahun dimana virus K-POP tersebar di seluruh dunia? Saat itulah Kakao Talk ini semakin populer dibandingkan tahun sebelumnya. Segala promo dan iklannya pasti diwarnai bintang-bintang ternama dari negeri ini. Sudah pastilah ya, wong aplikasi ini juga berasal dari Korea Selatan :-D

Sticker yang disediakan juga lucu-lucu, tampilan aplikasinya juga cerah. Tak heran banyak remaja yang suka dan aktif di aplikasi satu ini.

Beberapa fitur lainnya yang tersedia di sini: KakaoStory, KakaoMusic, KakaoGroup, KakaoHome, KakaoPlace, KakaoAlbum, KakaoPage, KakaoStyle, KakaoGame.
  • Untuk info terbaru Kakao Talk: http://www.kakao.com/talk/en atau https://www.facebook.com/indonesia.kakaotalk

9. BeeTalk

Kalau yang ini belum pernah saya install dan coba nih. Tapi dari info yang saya dapatkan dari para ponakan, sepupu dan teman yang sudah memakainya (:-D), keimutan dan tampilan BeeTalk ini hampir mirip dengan Kakao.

Dan menurut berita yang di post TribunNews pada November 2014, BeeTalk telah di download sebanyak 3 juta kali oleh pengguna dan aplikasi ini akan lebih pas bila digunakan oleh Anda yang ingin mencari teman baru dengan minat dan hobi yang sama.

Hmmm, Apa Anda sudah pernah coba? Suka? Just enjoy it ^_^
  • Untuk info terbaru Bee Talk: http://beetalk.co.id/

10. Kik Messenger

Waduh, lagi-lagi aplikasi yang belum pernah saya oprek, (akhir-akhir ini memang Saya kurang gaul sih, xixixi). Tetapi Saya akan coba kepo-kepo sedikit dech :-D ..

Menurut deskripsi di Google Play Store dan Itunes App Store, sudah ada 185 Juta pengguna yang menyukai aplikasi ini lho. Testimoni (Komentar) pengguna pun lumayan bagus.

Kik tidak hanya bisa untuk chatting, tetapi juga bisa untuk mencari berbagai games, musik, bahkan gosip selebriti pun bisa didapatkan. Semua dapat ditemukan tanpa harus meninggalkan room Kik Anda.

Bila bertemu teman dari manapun dan dimanapun, langsung saja tanyakan "What's Your Kik?"
  • Untuk info terbaru Kik: http://kik.com/
     
11. Hangouts

Produk lainnya yang dikembangkan oleh Google nih. Layanan ini bisa dikatakan sebagai pengganti layanan-layanan sebelumnya yaitu Google Talk, G+ Messenger dan Google Hangouts.

Pengguna android memang sudah tidak asing lagi dengan layanan ini, kita bisa menggabungkan fitur sms/mms dengan menggunakan apps ini.

Selain itu, Hangouts bisa digunakan untuk chatting dengan teman G+ secara langsung, melalui desktop atau ponsel sama lancarnya. Intinya layanan ini memang cukup praktis.

 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲